Scroll to Top

Liga Inggris: Tak Ada Hukuman Untuk Callum McManaman

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 20 Mar 2013

McManaman-Haidara

Nama Callum McManaman sontak menjadi bahan berita dalam beberapa hari ini. Sebuah tekel kasarnya pada Massadio Haidara, pemain Newcastle United, adalah penyebabnya. Anehnya, meski telah melakukan perbuatan yang mengancam keselamatan pemain lain, striker Wigan Athletic itu lolos dari hukuman.

Wasit Mark Halsey yang memimpin pertandingan memang tak meniup peluit kala McManaman menerjang lutut Haidara dengan bagian bawah sepatunya. Namun kubu Newcastle berkata bahwa McManaman harusnya mendapat hukuman karena Haidara mengalami cedera akibat tekel tersebut.

Pihak FA yang telah melakukan diskusi bersama para stakeholders pun memutuskan tak ada hukuman bagi pemain didikan Everton tersebut.

Dasar acuan FA adalah karena sebenarnya wasit melihat kejadian itu namun berpendapat bahwa itu bukanlah suatu pelanggaran meski Haidara cedera karenanya. FA berkilah, mereka baru akan memproses hukuman atas kejadian yang tak terlihat oleh wasit.

“Tindakan hanya akan diambil ketika suatu insiden tidak terlihat oleh ofisial pertandingan. Ketika salah satu ofisial pertandingan melihat kejadian, maka tindakan selanjutnya tak perlu diambil, tak peduli apakah ia melihat secara penuh atau sebagian dari insiden yang terjadi,” ungkap FA.

“Dalam kasus Callum McManaman, ada salah satu ofisial pertandingan yang melihat kejadian itu meski tak secara keseluruhan dari insiden yang terjadi. Oleh karenanya, kami tidak mengambil tindakan lanjutan.”

Meski terlihat keras, Haidara nyatanya hanya absen antara satu hingga dua minggu. Ia kemungkinan sudah bisa tampil lagi di pertandingan berikutnya setelah jeda pertandingan internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda