Jack Dorsey

Tahukah Anda jika hari ini, Jumat (22/03/13), atau kemarin waktu AS, tepat 7 tahun Jack Dorsey berkicau untuk pertama kalinya di Twitter. Lewat akun Twitter pertama pula yang pernah tercipta, @Jack, ia menyapa linimasa bukan untuk Twitter namun Twttr.

Twttr adalah original project code name untuk Twitter. Ide awalnya digagas oleh Jack Dorsey kemudian dikembangkan Evan Williams dan Noah Glass. Diyakini Twitter terinspirasi oleh pesan singkat (SMS) dan Flickr.

Namun dalam sebuah kesempatan Jack Dorsey mengatakan jika ia membuat Twitter atas ide dari obrolan polisi di radio. Kala itu ia sering ‘menguping’ mereka sedang asyik berbicara dimana sekarang, sedang apa, dan hendak kemana.

Kembali soal tweet pertama sekaligus tertua ini, kicauan tersebut dilempar ke linimasa pada 22 Maret 2006 atau selang sehari setelah layanan ini hadir (21 Maret 2006) meski situs tersebut resmi dirilis pada 15 Juli 2006. Kala itu Jack Dorsey lewat akunnya @Jack – sekaligus tercatat akun pertama Twitter – berkicau sebagai berikut.

7 tahun semenjak berdiri kini Twitter menjelma menjadi salah satu jejaring sosial paling populer setelah Facebook. Lewat tangan-tangan dingin para pendirinya, Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone, Twitter mampu meraih 500 juta pengguna.

Twitter pada tahun 2010 lalu mampu mencatat laba di angka USD 140 juta. Kini perusahaan ini dipimpin oleh Dick Costolo. Jack Dorsey sendiri berposisi sebagai chairman. Perusahaan yang bermarkas besar di San Franscisco, AS ini miliki lebih dari 900 karyawan (2012).