Scroll to Top

Venezuela vs Kolombia 1-0: Radamel Falcao Mandul

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 27 Mar 2013

Venezuela vs Kolombia (1)

Venezuela berhasil memetik tiga angka penuh dari Kolombia yang kehilangan sentuhan di depan gawang tuan rumah. Bermain di kualifikasi Piala Dunia 2014 zona CONMEBOL pada Rabu, 27 Maret 2013, gol tunggal Salomon Rondon memastikan hasil pertandingan Venezuela vs Kolombia skor 1-0. Hasil kualifikasi ini membuat langkah Kolombia mengejar Argentina tersendat.

Jika Uruguay harus menjadi pesakitan karena gol cepat Chile via Esteban Paredes, demikian pula yang terjadi dalam duel Venezuela vs Kolombia. Semua orang memprediksi, Kolombia yang baru saja mencukur Bolivia 5-0, tidak akan kehilangan angka ketika melawan Venezuela.

Namun, berawal dari umpan Juan Arango, Salomon Rondon yang berada di sudut sulit berhasil lolos dari tebasan Camilo Zuniga dan Amaranto Perea. Kemudian, dari jarak dekat, ditaklukkannya David Ospina dengan tembakan maut di menit 11.

Venezuela vs Kolombia (3)

Venezuela vs Kolombia (2)

Sebuah momen, yang tak mau dilepaskan begitu saja oleh Venezuela. Bertahun-tahun lamanya negara ini menjadi lumbung gol tim-tim Amerika Selatan, dan segalanya berubah sejak Copa America 2011. Kini, bicara Piala Dunia 2014 bukan hal tabu lagi bagi mereka.

Kolombia yang memakai formasi penyerang tunggal, bergantung pada seorang Radamel Falcao. Mereka berupaya menggedor gawang Daniel Hernandez. Namun, upaya Falcao, tandukan Perea, hingga sepakan jarak jauh James Rodriguez masih mentah.

Kolombia memiliki barisan depan yang kacau dan kemampuan menyisir sisi lapangan yang minim. Maka, meskipun kiper Real Valladolid diancam dengan berbagai peluang, tidak ada satu pun shot on goal bagi tim tamu sepanjang babak pertama.

Upaya Jose Pekerman mengubah keadaan di babak kedua, tidak menghasilkan apa pun. Sebaliknya, Venezuela menampilkan permainan yang rapi, dan sewaktu-waktu bisa menyarangkan gol ke gawang David Ospina. Miku mendapat dua kesempatan untuk menambah skor. Namun yang pertama melebar, dan yang kedua bisa diamankan kiper tim tamu.

Venezuela berhasil mengamankan tiga poin penting. Kini mereka berada di atas Uruguay untuk berangkat ke Brazil 2014. Sementara, Kolombia harus menyadari, jarak dengan Argentina, tim yang ditahan Bolivia 1-1 empat jam sebelumnya, malah bertambah satu angka.

Venezuela: Daniel Hernández, Oswaldo Vizcarrondo, Andrés Túñez (Agnel Flores ’62), Fernando Aristeguieta (Nicolas Fedor ’67), Gabriel Cichero (Rolf Feltscher ’83), Franklin Lucena, Tomás Rincón, César González, Alexander Hernández, Juan Arango, Salomón Rondón.

Pelatih: César Farías

Kolombia: David Ospina, Pablo Armero, Amaranto Perea (Aldo Ramirez ’82), Camilo Zúñiga, Carlos Valdés, Juan Guillermo Cuadrado (Teofilo Gutierrez ’65), Abél Aguilar, Edwin Valencia, Macnelly Torres (Carlos Bacca ’75), James Rodríguez, Radamel Falcao García.

Pelatih José Pékerman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda