Scroll to Top

HTC One Dibongkar, Desain Prioritaskan Durabilitas

By Ditya / Published on Friday, 29 Mar 2013
HTC One bongkar
HTC One dibongkar

HTC One, smartphone flagship besutan produsen asal Taiwan ini akhirnya dibongkar oleh iFixit. Menurut iFixit, desain dan perakitan smartphone HTC One ini memprioritaskan durabilitas atau ketahanan. Tak hanya itu, iFixit juga menambahkan bahwa HTC One merupakan salah satu smartphone yang sulit dibongkar.

Smartphone HTC One ini dibalut casing berbahan aluminium dan mengusung desain unibody, sehingga baterai dan casing belakang smartphone ini tak dapat dilepas. Desain unibody ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Sulit dibongkar dan serta baterai yang tak dapat dilepas menjadi kekurangannya.

Meski demikian, desain unibody yang diusung oleh HTC One ini juga membawa beberapa kelebihan, yakni durabilitas atau daya tahan ponsel terhadap getaran atau guncangan yang lebih baik dibandingkan dengan ponsel non-unibody. Beberapa smartphone kelas atas lain seperti Lumia 920 dan iPhone 5 juga menggunakan desain unibody.

Kelebihan smartphone berdesain unibody seperti HTC One ini akan terlihat ketika smartphone tersebut jatuh, smartphone non-unibody akan terlepas casing belakangnya, baterai, dan mungkin komponen lainnya. Sedangkan ponsel unibody tak akan mengalami hal itu.

Komponen HTC One

HTC One akhirnya mendapat giliran dibongkar oleh iFixit untuk dianalisa komponen yang digunakan serta kemampuan repairability-nya. Memang, HTC One cukup sulit dibongkar dan lumayan susah diperbaiki jika rusak, tapi iFixit mengatakan bahwa HTC One memiliki durabilitas atau daya tahan yang cukup baik. Berikut beberapa komponen yang digunakan oleh HTC One.

  • Memori RAM : Elpida BA164B1PF 2 GB DDR2
  • Memori internal berupa NAND flash: Samsung KLMBG4GE2A 32 GB
  • Synaptics S32028 Chip
  • Kabel untuk display dengan label DATE: 2012/11/30

Seperti yang dilansir dari Slashgear (28/03/2013), smartphone HTC One adalah smartphone pertama HTC yang memperkenalkan teknologi Ultrapixel yang menggabungkan empat layer sensor 4,3 megapiksel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda