Scroll to Top

Windows 7 Masih Sistem Operasi Nomor 1 di Dunia

By Ditya / Published on Monday, 01 Apr 2013

Windows 7

Sistem operasi Windows 7 sampai saat ini masih merupakan sistem operasi desktop nomor 1 di dunia. Meski saat ini Microsoft tengah menggodok update sistem operasi Windows Blue, sistem operasi penerus Windows Vista ini tetap melenggang mendominasi pasar sistem operasi desktop.

Windows 8 yang merupakan sistem operasi penerus Windows 7 yang diluncurkan pada 26 Oktober 2012 ini tampaknya masih belum menunjukkan taringnya di pasar sistem operasi desktop. Banyak pihak yang mengatakan Windows 8 ini kurang laris dan hal ini membuat Microsoft untuk mempersiapkan update dengan nama sandi Windows Blue.

Menurut data yang dirilis oleh Net Applications bulan Maret lalu menempatkan Windows 7 sebagai sistem operasi desktop nomor 1 di dunia dengan menguasai 44,74% pasar sistem operasi desktop. Hal ini tak mengherankan mengingat masih banyak pengguna yang nyaman menggunakan Windows 7.

Posisi kedua diduduki oleh jagoan tua Microsoft yang diluncurkan pada tahun 2001 lalu, yakni Windows XP. Sistem operasi yang mengusung nama sandi Whistle ini ternyata masih cukup perkasa dengan menguasai 38,73%, padahal tahun 2014 mendatang dukungan Microsoft pada sistem operasi ini akan berakhir.

Posisi ketiga diduduki oleh Windows Vista yang menguasai pangsa pasar 4,99%. Sistem operasi yang dicap gagal ini ternyata masih menguasai pasar yang lebih besar dari Windows 8. Sedangkan Windows 8 sendiri menduduki posisi keempat dengan menguasai 3,17% pasar sistem operasi desktop.

Sedangkan Macintosh X atau Mac OS X menguasai 6,33% pasar desktop yang terdiri dari Mac OSX 10.8 Mountain Lion 2,65%, Mac OS X 10.7 Lion 1.81%, dan Mac OSX 10.6 Snow Leopard menguasai 1,81%.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (01/04/2013), update Windows Blue ini diharapkan mampu menggenjot posisi Windows 8 dan segera menggeser posisi Windows 7 dan Windows XP.

Lalu bagaimana dengan sistem operasi Linux? Linux di pasar desktop memang tak secerah di pasar server. Sistem operasi open-source ini masuk kategori Other dengan menguasai pasar 2,05%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda