Scroll to Top

Gempuran Aplikasi-aplikasi Pesan Instan Ancam Facebook?

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 02 Apr 2013

Remaja Sosial

Seorang investor di Silicon Valley menyakini jika gempuran aplikasi-aplikasi pesan instan yang kian berkecambah hari ini, bisa mengancam keberadaan Facebook. Apa alasan Rich Miner mengatakan demikian?

Ia adalah salah satu mitra di Google Venture yang kebetulan berinvestasi di aplikasi pesan instan MessageMe, sebuah pendatang baru di pasar messaging.

“Lebih banyak orang berkirim teks (pesan instan) dan membuat panggilan (video call) daripada larut dalam hingar binger jejaring sosial. Jika sebuah perusahaan mendominasi peralihan trafik ini maka akan memberikan hasil yang cukup besar,” ujarnya.

Apa yang dikatakannya sejatinya cukup terbukti. Dulu kita mungkin hanya mengenal aplikasi pesan instan populer macam BBM atau WhatsApp. Namun kini muncul nama-nama lain seperti WeChat, LINE, Kik, atau yang lagi gencar iklannya di layar kaca Kakao Talk.

Beberapa aplikasi di atas bahkan menggabungkan pesan instan dengan jejaring sosial. Mereka mengizinkan pengguna membuat laman pribadi, membangun jaringan teman, dan berbagi foto.

Facebook sejatinya juga miliki layanan demikian. Mereka punyai amunisi Facebook Messenger yang hadir di Android, iOS, dan Blackberry. Aplikasi tersebut juga mendukung berkirim voice dan fitur nearby.

Jacob Robinson pelajar SMA di Newcastle Inggris mengatakan pad Daily Mail jika ia dan kawan-kawannya gunakan aplikasi populer di sekolah, Kik. Dalam seharinya ia bisa mengirim 200-an pesan.

“Kami bahkan bisa semalam suntuk berbagi pesan, mengirim snapshot dan lainnya. Facebook benar-benar ‘mati’ di sini dan kurang menarik dengan real-time chatting Kik,” ujarnya.

Kemudian muncul sebuah anggapan jika 4 April nanti Mark Zuckerberg akan luncurkan sebuah produk, layanan, atau fitur yang istimewa terkait Android. Apakah ini terkait dengan citra Facebook yang kian menurun di soal pesan instan? Kita tunggu saja esok lusa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda