Scroll to Top

MotoGP 2013 : Marc Marquez Gugup Hadapi Seri Pembuka

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 02 Apr 2013

Marc Marquez pre season test Austin

Pembalap pendatang baru asal Spanyol pada kompetisi MotoGP musim 2013, Marc Marquez, mengaku gugup namun bersemangat dalam menghadapi seri pembuka yang akan digelar di Sirkuit Losail Qatar.

Marquez bergabung bersama tim Repsol Honda untuk mengisi kekosongan kursi pembalap yang ditinggalkan Casey Stoner setelah pembalap Australia tersebut memutuskan pensiun akhir tahun 2012 lalu.

Dari hasil tes akhir musim dan tes pra musim, Marquez benar-benar menunjukan kelasnya sebagai pembalap yang memiliki kemampuan menjadi seorang juara.

Juara dunia bertahan kelas Moto2 tahun 2012 tersebut selalu berada di urutan empat teratas tes pra musim di Sirkuit Sepang, serta yang teranyar adalah ia merajai tes privat yang digelar di Sirkuit Austin, Texas.

Juara dunia MotoGP musim 2012, Jorge Lorenzo, bahkan berani memprediksikan bahwa Marquez tidak akan butuh waktu lama untuk bisa meraih kemenangan perdana di kelas MotoGP pada musim debutnya.

Meski banyak menuai pujian, Marquez tidak ingin sesumbar. Ia memahami bahwa meraih kemenangan di seri pembuka bukanlah sesuatu yang ringan. Marquez bahkan mengaku gugup menghadapi seri pembuka.

“Kami memiliki tes musim dingin yang baik dan sekarang saatnya berlomba”, ujar Marquez.

“Qatar bukanlah trek favoritku tetapi saya masih bisa menikmatinya. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dimana pasir dari gurun mempengaruhi grip dan fakta bahwa ini adalah lomba di malam hari.”

“Juga yang telah saya lihat di Jerez, segalanya sangat berbeda pada motor MotoGP dibandingkan dengan Moto2 jadi kami membutuhkan waktu”, lanjut Marquez.

“Mari kita lihat ketika kami berada disana. Pastinya saya akan sangat gugup menghadapi lomba pertama saya di kelas MotoGP, tetapi saya juga bersemangat.”

Untuk pertama kalinya sejak Jorge Lorenzo di tahun 2008, seorang pembalap rookie diperbolehkan untuk langsung menduduki kursi tim pabrikan tanpa harus satu tahun mengabdi di tim Satelit.

Hal serupa juga pernah terjadi pada Dani Pedrosa di tahun 2006, dimana Repsol Honda menjadi pelabuhan tempat Pedrosa memulai debut karirnya dikelas premier MotoGP.

Kedua pembalap yang disebutkan diatas langsung meraih kemenangan perdana mereka di musim debutnya. Apakah Marquez mampu melakukan hal yang sama seperti pendahulunya musim ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda