Shodan: Search Engine untuk Hacker

Shodan

Shodan

Google mungkin adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Namun, ada sebuah mesin pencari atau search engine yang cukup menakutkan dan banyak digunakan oleh hacker, yakni Shodan. Bahkan, John Matherly, sang pencipta Shodan mengklaim bahwa mesin pencari buatannya adalah mesin pencari yang paling menakutkan di internet.

Berbeda dengan Google yang banyak digunakan oleh pengguna internet untuk mencari sebuah artikel, situs, atau informasi lainnya, Shodan menghadirkan hasil pencarian yang berbeda dengan Google. Shodan dianggap sebagai versi “gelap” dari Google yang mampu mencari server, webcam, printer, router, dan semua hal yang terhubung dengan internet.

Shodan bekerja 24/7 dan mengumpulkan semua informasi mengenai 500 juta perangkat dan layanan yang terhubung dengan internet setiap bulan. Mesin pencari “gelap” Shodan ini mampu mencari sistem kontrol untuk taman air, pompa bensin.

Peneliti keamanan atau cybersecurity telah menemukan bahwa mesin pencari Shodan ini mampu menemukan sistem kendali lampu lalu lintas, kamera keamanan. Bahkan, peneliti keamanan yang berlokasi di komando dan kontrol sistem pembangkit listrik tenaga nuklir dapat ditemukan menggunakan Shodan.

Shodan, mesin pencari andalah para hacker ini dikembangkan oleh John Matherly sejak tiga tahun lalu sebagai sebuah proyek sampingan. John Matherly mengatakan bahwa Shodan membatasi hingga 10 hasil pencarian tanpa akun dan 50 hasil pencarian jika menggunakan akun. Sang pencipta Shodan mengatakan bahwa tujuan diciptakannya Shodan adalah untuk kebaikan.

Seperti yang dilansir dari CNN (08/04/2013), kehadiran Shodan ini tetap seperti sebuah pedang bermata dua, baik tidaknya mesin pencari Shodan ini akan tergantung dari penggunanya.

Penasaran? Silahkan kunjungi dan coba langsung Shodan.

Komentar Anda

Leave A Response