Scroll to Top

Kecelakaan Lion Air: Pesawat Masuk Laut di Bali

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 13 Apr 2013

Kecelakaan Lion Air

Pesawat Lion Air penerbangan Bandung-Denpasar, jatuh ke laut dan gagal mendarat di landasan Bandara internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali pada Sabtu 13 April 2013. Meskipun badan pesawat patah, seluruh penumpang selamat. Foto-foto kecelakaan pesawat sendiri beredar di twitter.

Pesawat jenis Boeing 737-800 NG buatan tahun 2012 tersebut, sebenarnya sudah mendekati landasan pacu bandara. Namun, tergelincir ke perairan dekat bandara Ngurah Rai pada sekitar pukul 15.35 WITA.

Seperti dilansir otoritas bandara, seluruh penumpang pesawat Lion Air tersebut , yang berjumlah 101 orang penumpang dan 8 awak pesawat, dinyatakan selamat. Mereka telah dievakuasi oleh petugas dari PT Angkasa Pura, Polair, Polri, dan TNI AU. Belasan di antaranya, diberitakan detik, terluka dan dilarikan ke rumah sakit. Sebagian penumpang terluka pada tangan, wajah, dan kaki. Ada pula yang mengalami patah kaki.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab kecelakaan tersebut. Berdasarkan penuturan salah satu pramugari, sejak awal  mesin pesawat yang belum berusia dua tahun tersebut, sudah bermasalah. Sementara, para penumpang menuturkan bahwa sebelum kecelakaan, pesawat sempat menerobos awan hitam.

Ketika itu, ujung landasan yang mengarah ke laut memang tertimpa hujan deras disertai kabut. Sedangkan, landasan di daratan tak terkena hujan.

Dirjen Perhubungan Udara, Herry Bakti Gumay, seperti dilansir BBC Indonesia menyatakan pihaknya telah mengirimkan tim untuk menyelediki faktor penyebab jatuhnya pesawat.

”Kami sudah mengirimkan tim (Komite Nasional Keamanan dan Transportasi, KNKT) ke lokasi (untuk memastikan alasan pesawat jatuh). Biarkan tim kami bekerja terlebih dahulu, dari sana kami baru bisa sampaikan kenapa ini bisa jatuh, apakah karena faktor pesawat, cuaca atau human error.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda