Scroll to Top

Tips Menjaga Konsentrasi Saat Pekerjaan Menumpuk

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 21 Apr 2013

konsentrasi

Beban kerja seberat apapun menjadi lama terselesaikan bila fokus atau konsentrasi mengalami masalah. Saat seseorang dihadapkan pada beberapa jenis pekerjaan sekaligus, seringkali membuatnya menyerah lantaran dia mengalami ketakutan dan tidak mudah memantapkan konsentrasinya.

Jika Anda adalah orang yang seringkali dihadapkan dengan pekerjaan menumpuk, berikut ada ada empat saran untuk menjaga konsentrasi Anda  seperti dikutip laman Huffington Post:

  1. Fokus pada satu hal yang dikerjakan. Meskipun Anda punya segudang agenda, Anda harus bisa memfokuskan pekerjaan pada satu hal saja sebelum akhirnya beralih ke pekerjaan lain. Multitasking bukan berarti Anda mesti melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Jika itu Anda lakukan justru akan membuat stres. Menerapkan fokus pada satu pekerjaan membuat semua pekerjaan Anda berjalan efektif dan efisien.
  2. Berhenti sejenak setelah 30 menit melakukan pekerjaan. Apalagi untuk pekerjaan yang cenderung menguras pikiran Anda, rehat sejenak diperlukan untuk memberi kesempatan beristirahat pada otak dan mendinginkannya. Anda bisa mengambil minum, meregangkan otot, atau melakukan kegiatan rileks lainnya.
  3. Jika Anda hendak melakukan berbagai pekerjaan sekaligus (multitasking) dalam satu hari sekaligus, coba batasi untuk setiap pekerjaan maksimal 90 menit. Dengan memberikan jatah waktu pada masing-masing pekerjaan, membuat Anda lebih bisa mengatur konsentrasi. Menentukan porsi waktu ini penting karena Anda tidak akan mungkin fokus selama 8 jam terus menerus tanpa pembatasan pekerjaan yang jelas.
  4. Anda bisa saja membuat daftar yang harus dilakukan (to-do list). Namun, jangan terlalu kaku menerapkannya. Jalankan daftar tersebut secara fleksibel sesuai kondisi. Misalnya, jika membalas email lebih penting untuk dilakukan, tukar waktu pelaksanaanya dengan agenda lain yang sebelumnya Anda tempatkan jadwalnya di awal waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda