Scroll to Top

Dragon Well Tea, Teh Khas China yang Penuh Manfaat

By C Novita / Published on Tuesday, 23 Apr 2013

dragon well teaBila Anda berjalan-jalan di sekitar kawasan West Lake atau Danau Barat di China, maka akan tercium aroma manis teh dari pegunungan yang letaknya di belakang danau tersebut. Ini adalah aroma manis dari teh Dragon Well, yang sangat terkenal di negara tersebut.

Teh Dragon Well dikenal karena 4 hal, yaitu warnanya yang seperti zamrud, hijau. Aromanya, rasa manisnya, juga penampilan daunnya yang cantik. Selain itu, teh yang termasuk golongan teh hijau ini juga penuh nilai gizi dan efek baik bagi kesehatan.

Teh Dragon Well tumbuh di kawasan Shifeng, Danau Barat, desa Longjing, dan pegunungan Yunxi. Cara memanen daunnya pun sangat selektif dan rumit. Butuh ketepatan waktu untuk memetik tiap helainya. Sebab jika terlambat, maka daun tersebut tak akan lagi digunakan.

Hanya daun halus dan lengkap saja yang dipetik. Setelah itu, daun akan dipisahkan berdasarkan kualitas. Lalu, tiap tingkatan kualitas akan dipanggang dengan suhu dan teknik berbeda.

teh

Digunakan sejenis wajan besar untuk memanggang, dan hanya dilakukan oleh master di bidangnya. Mereka memanggang secara manual. Metodenya dengan memegang, melempar, kocok, menumpuk, tekan, juga giling.

Para master pembuat teh Dragon Well tahu kapan harus mengubah gerakan sesuai suhu, warna dan kadar air pada daun. Hasilnya, teh yang berkualitas dan dikenal sangat nikmat.

Untuk menyeduhnya, teh Dragon Well akan sangat nikmat bila dihidangkan menggunakan air yang suhunya sekitar 70 derajat celsius. Gunakan cangkir transparan untuk melihat mekarnya daun-daun teh Dragon Well saat terendam air.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda