Scroll to Top

Minum Terlalu Banyak Malah Bikin Rusak Ginjal

By C Novita / Published on Thursday, 25 Apr 2013

minum terlalu banyakMinum air dapat membantu proses pengeluaran racun dari tubuh, sehingga sering kita baca anjuran dalam berbagai artikel kesehatan untuk banyak-banyak mengonsumsi air putih. Namun bila Anda terlalu banyak minum, bukan sehat yang didapat malah kesehatan ginjal Anda yang akan terancam.

Fungsi ginjal adalah filter bagi tubuh, yaitu menyaring produk limbah dari darah dan mengubahnya menjadi urin untuk dibuang. Di sisi lain, pada tubuh juga terdapat natrium yang bertugas menjaga keseimbangan cairan pada sel tubuh.

Bila konsumsi air putih terlalu banyak, maka ginjal akan kewalahan untuk menangani nya. Akibatnya, keseimbangan cairan tubuh menjadi rusak sebab ada begitu banyak cairan sedangkan jumlah natrium tak seimbang.

Akibatnya air mulai merembes ke dalam sel dan membuatnya meregang. Jika kondisi tersebut terus berlangsung, sel pada ginjal tak akan kuat menahannya dan meledak. Itu yang mengakibatkan kerusakan sel pada ginjal.

Konsumsi air normal yang dianjurkan adalah 7-8 gelas per hari. Jangan pula minum air dalam jumlah besar pada satu waktu, sebab itu akan sangat membahayakan kondisi ginjal.

Akibat lain yang dapat terjadi bila Anda terlalu banyak mengonsumsi air adalah:

  • Otak membengkak. Kelebihan air dalam tubuh dapat membuat selaput otak menjadi bengkak. Akibatnya pada situasi terburuk Anda dapat mengalami kejang dan blackout. Kadang disusul juga dengan pendarahan otak.
  • Koma. Jika kondisi perdarahan otak tak segera ditangani, maka kemungkinan terjadi koma akan menjadi besar.

 

Sumber Boldsky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda