Scroll to Top

Intel Core i7-4960X Ivy Bridge-E 11% Lebih Cepat dari Sandy Bridge-E

By Ditya / Published on Friday, 26 Apr 2013
Intel Core i7
Intel Core i7

Varian tercepat prosesor Ivy Bridge-E, Core i7-4960X dikabarkan 11% lebih cepat dibanding generasi sebelumnya, yakni Sandy Bridge-E. Meski bertambah cepat, tapi peningkatan ini dinilai masih kurang signifikan dari generasi sebelumnya. Bahkan, beberapa situs mengatakan bahwa generasi Ivy Bridge-E tak lebih cepat dari Sandy Bridge-E.

Intel memiliki jajaran prosesor kelas teratas dengan embel-embel huruf ‘-E’ dibelakang nama sandi prosesor dan menambahkan imbuhan ‘X’ pada nomor seri prosesor. Kini, Intel dikabarkan telah bersiap merilis prosesor tercepat generasi baru yang mengusung nama sandi Ivy Bridge-E.

Namun, meski prosesor Ivy Bridge-E tersebut belum resmi dirilis, tapi benchmark atau hasil pengukuran kinerja prosesor ini telah muncul di internet melelui situs Coolaler.com dan menunjukkan peningkatan kinerja sekitar 5-11% kinerja dari generasi sebelunya, yakni Sandy Bridge-E.

Seri tertinggi prosesor generasi Ivy Bridge-E ini adalah Intel Core i7-4960X yang mengusung 6-core prosesor dengan kecepatan 3,6GHz yang dilengkapi dengan teknologi HyperThreading. Prosesor Core i7-4960X ini dilengkapi dengan L3 cache sebesar 15MB dan TDP (Thermal Design Power) sebesar 130W.

Benchmark ivy bridge e

Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan oleh Colaler menggunakan perangkat lunak 3DMark, Cinebench 11.5, CPUMark99, SuperPi, dan wPrime menunjukkan peningkatan performa yang kurang signifikan. Peningkatan yang tak signifikan ini tak akan terasa ketika digunakan pada penggunaan komputasi sehari-hari,

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (25/40/2013), peningkatan yang kurang signifikan dari Sandy Bridge-E ke Ivy Bridge-E ini sebenarnya bisa dimaklumi, karena arsitektur keduanya sebenarnya memang tak beda jauh.

Prosesor Core i7-4960X dan Ivy Bridge-E lainnya menggunakan soket LGA2011 dan akan mulai dipasarkan pada semester kedua tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda