Scroll to Top

Penyakit Raja Singa Segera Menjadi Rajanya Penyakit Kelamin

By Ilham Choirul / Published on Friday, 26 Apr 2013

seks bebas

Penyakit yang sering menjangkiti para pelaku seks berisiko adalah gonore atau yang kerap disebut raja singa. Tahukah Anda? Mungkin penyakit ini statusnya bakal menjadi “raja” penyakit kelamin. Para ahli mikrobiologi di Inggris mengingatkan, penyakit raja singa sudah bisa beradaptasi dengan semua antibiotik yang ada. Walhasil bakteri pencetus penyakit tersebut menjadi bakteri super.

Penyakit menular seksual ini kemunculannya disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri akan menginfeksi leher rahim, rektum, lapisan dalam uretra, tenggorokan, sampai konjungtiva atau putih mata.  Perjalanan bakteri dapat mengikuti laju aliran darah sehingga mampu menginfeksi bagian tubuh lain seperti kulit dan sendi. Pada pria, tanda yang terlihat adalah munculnya nanah ketika buang air kecil. Sementara pada wanita, gonore bisa menyerang saluran kelamin dan selaput dalam panggul. Efeknya yaitu rasa nyeri pada pinggul dan terjadi gangguan reproduksi.

Peringatan bahaya penyakit raja singa yang segera menjadi penyakit kebal obat ini disampaikan pada sebuah konferensi ahli mikrobiologi di Inggris minggu ini (23/4). Perkembangan penemuan obat antibiotik yang biasa dipakai untuk menangani gonore, tidak mampu mengimbangi kecepatan bakteri untuk beradaptasi. Mereka sudah kebal terhadap obat.

Dikutip dari BBC, menurut catatan PBB, penyebaran gonore lebih banyak disebabkan oleh perilaku seks berisiko. Akibat seks bebas ini, penyebaran penyakit kelamin secara umum telah menyebabkan terjadinya seratus juta kasus penularan secara global per tahunnya.

Menurut Professor Cathy Ison, ahli mikrobiologi di Inggris, penanggulangan penyakit raja singa harus melibatkan kesadaran untuk melakukan seks aman dan secara rutin memeriksakan kesehatan reproduksi. Selain itu, penemuan baru terhadap cara pengobatan harus selangkah lebih maju lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda