Scroll to Top

Ubuntu Linux 13.04 Raring Ringtail Dirilis, Ini Fitur Barunya

By Ditya / Published on Friday, 26 Apr 2013
Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
Ubuntu 13.04 Raring Ringtail

Canonical akhirnya merilis versi final dari distribusi Ubuntu Linux 13.04 yang mengusung nama sandi Raring Ringtail. Rilis Ubuntu Linux 13.04 ini diklaim membawa beberapa fitur baru dan menjanjikan perbaikan kinerja grafis sebagai langkah awal untuk ekspansi ke perangkat ponsel dan tablet.

“Kinerja pada sistem ringan adalah fokus utama untuk rilis siklus ini, sebagai awal untuk rilis Ubuntu Linux untuk form factor ponsel. Rilis Ubuntu Linux 13.04 memberikan waktu respon lebih cepat secara signifikan dalam penggunaan kasual, dan konsumsi memori berkurang yang menguntungkan semua pengguna,” kata Canonical.

Ubuntu sendiri adalah salah satu distribusi sistem operasi Linux yang paling populer saat ini. Ubuntu Linux merupakan distro Linux yang dikembangkan oleh komunitas open-source yang didukung oleh Canonical. Rilis Ubuntu Linux 13.04 ini mengusung beberapa fitur baru, apa saja? Ini ulasannya.

  • GNOME flavor, adalah dukungan desktop GNOME yang dikemas dalam Ubuntu GNOME.
  • Peningkatan pengalaman antarmuka baru dengan Unity 7 yang menginsumsi memori lebih sedikit, perbaikan Unity Preview, beberapa icon baru, desain ulang tombol Unity, dan banyak lagi.
  • Simplified Software Updater.
  • Perombakan File Manager Nautilus 3.6.3.
  • Dukungan terhadap jejaring sosial yang lebih baik melalui Friends yang mengintegrasikan Twitter, Facebook, ownCloud, Windows Live, Google, Yahoo, dan banyak lagi.
  • Antarmuka restart/shutdown yang baru.
  • 13 wallpaper baru dari fotografer dari seluruh dunia.
  • Upstart User Sessions Technology Preview.

Seperti yang dilansir dari Softpedia dan ArsTechnica (25/04/2013), rilis Ubuntu Linux 13.04 ini juga mengusung perangkat lunak dengan versi yang diperbarui, sebut saja Firefox 20, Thunderbird 17.0.5, Nautilus 3.6.3, LibreOffice 4.0, Linux Kernel 3.8.8, Upstart 1.8, dan banyak lagi.

Penasaran ingin mencoba distro Ubuntu Linux 13.04? Silahkan download Ubuntu Linux 13.04 melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda