Scroll to Top

Legenda Brazil, Rivelino: Neymar dkk. Terlalu Banyak Pamer Skill

By Naqib Najah / Published on Saturday, 27 Apr 2013

Neymar

Legenda Brazil era 70-an, Rivelino mengkritik performa negaranya belakangan ini. Ia bahkan menyebut Neymar dkk. terlalu bermain individu dan lupa akan kolektivitas tim.

Brazil di bawah penanganan Luiz Felipe Scolari masih belum mampu menunjukkan karakteristik sambanya. Pada laga uji coba, Brazil ditahan imbang Chile dengan skor 2-2. Atas kondisi tim negaranya saat ini, Rivelino pun angkat bicara. Ia melihat para juniornya tampil kurang gairah. Neymar dkk. berlari tanpa arah. Bahkan, tak jarang terlalu menunjukkan skill individu.

“Brasil tampak seperti sekelompok pemain berjalan tanpa arah. Itu gila,” tegas pria berusia 67 tahun kepada Gazeta Esportiva.

“Mereka terlalu pamer, berlari terlalu banyak, dan melakukan semuanya dengan salah. Hari ini, lebih dari sebelumnya, kolektif sangat penting.”

Sepak bola modern di mata Rivelino lahir lewat kerjasama tim. Saat ini, bukan eranya lagi memenangkan pertandingan lewat skill individu. Dengan semakin merosotnya prestasi Brazil, bisa jadi pendukung Selecao pun akan kehabisan kesabarannya.

“Tidak ada tempat untuk pemain luar biasa [untuk memenangkan pertandingan sendiri] lagi. Jika Selecao tidak memiliki gaya, maka hal itu akan rumit.”

“Sejauh ini, saya tidak tahu bagaimana mereka akan bermain, atau taktik yang akan digunakan. Kepercayaan pendukung Brasil ‘telah mencapai batasnya,” tutup Rivelino.

“Apa yang kami inginkan adalah gaya. Tidak ada kewajiban untuk memenangkan setiap pertandingan, tetapi mereka harus menunjukkan sepakbola berkualitas. Jika mereka kalah, tapi tetap berjuang, kami tetap akan mengakuinya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda