Scroll to Top

Kopi Bekatul, Nikmat dan Bermanfaat untuk Kesehatan

By C Novita / Published on Sunday, 28 Apr 2013

bekatulKopi bekatul memang belum banyak dikenal oleh masyarakat, sebab produk ini tergolong minuman varian baru yang diolah dari produk bekatul. Bekatul adalah hasil sisa dari proses penggilingan padi yang biasanya hanya digunakan sebagai pakan ternak.

Minuman kopi bekatul adalah produk yang ditemukan oleh sebuah keluarga di Tulungagung, Jawa Timur, sebab berlimpahnya hasil bekatul yang mereka dapat dari tanaman padi organik mereka.

Bekatul organik ini lantas mereka bersihkan dari sisa kulit padi, lalu dihaluskan dan disangrai seperti proses sangrai yang dilakukan pada kopi. Aroma wangi bekatul dan proses pengolahannya yang mirip pengolahan kopi menyebabkan minuman itu diberi nama kopi bekatul.

Mulanya mereka menjadikan minuman ini sebagai konsumsi sendiri. Namun setelah merasakan bahwa beberapa penyakit yang diderita sembuh sejak mengonsumsi kopi ini, maka banyak masyarakat sekitar yang memesannya pula.

Jadilah mereka memproduksi kopi bekatul ini secara masal dan mulai mendistribusikan ke beberapa kota di Jawa Timur. Bahkan warung kopi pun ada yang menjual produk ini dan memiliki pelanggan kaum lansia yang merasa sehat usai mengonsumsinya.

Bekatul sendiri telah digunakan sebagai tambahan bahan pengobatan pada beberapa jenis penyakit misalnya kencing manis, darah tinggi, kolesterol, dan juga rematik. Apalagi bekatul yang dihasilkan dari jenis padi organik. Khasiatnya diyakini makin besar.

Anda sudah mencoba? Rasanya mirip dengan cereal, kok. Nikmat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda