Scroll to Top

Adnan Januzaj: Calon Permata Baru Manchester United

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 01 May 2013

Januzaj-Kaboul

Musim kompetisi Liga Inggris 2012-2013 belum juga berakhir, Sir Alex Ferguson sudah menyiapkan rencana besar pada timnya. Fergie berencana akan “mengenalkan” satu permatanya di tim muda Manchester United bernama Adnan Januzaj. Pemain berusia 18 tahun itu kini bahkan telah diberi nomor kostum 44 oleh Fergie.

Siapa Adnan Januzaj? Ia adalah pemuda kelahiran Kosovo namun memilih menjadi warga negara Belgia. MU mengambilnya dari akademi Anderlecht pada 2011 lalu. Bukan pemain sembarangan tentunya jika klub sekelas United mau membajak remaja yang punya tanggal lahir sama seperti Cristiano Ronaldo tersebut.

Yap, Januzaj adalah seorang gelandang. Ia dikenal sebagai gelandang multifungsi karena bisa bermain di sektor tengah ataupun sisi sayap. Dalam bermain, ia kerap mengawali serangan dari sayap untuk kemudian menerobos ke area tengah pertahanan lawan. Januzaj biasanya dimainkan di sisi kanan karena ia adalah pemain kidal. Hal itu akan memudahkannya melakukan akselerasi ke tengah untuk kemudian melepaskan shooting keras. Lain itu, Januzaj disebut juga punya kemampuan eksekusi bola mati yang bagus.

Sederet kemampuan itu membuat Fergie terkesima. Pemberian nomor 44 di tim senior adalah buktinya dan bukan tidak mungkin sebelum musim ini berakhir Januzaj akan mendapat kesempatan beberapa menit bermain bersama Robin van Persie dkk.

“Pemain muda adalah pondasi kami untuk lima atau enam tahun ke depan. Seperti Adnan Januzaj, pemuda asal Balgia yang saya lihat cukup bagus,” terang Fergie.

“Adnan adalah pemain yang sangat seimbang. Ia masih berusia 18 tahun dan terus berkembang pada tempatnya. Ia punya keseimbangan yang bagus, akselerasi yang apik, dan berteknik tinggi.”

Fakta itu didukung oleh pernyataan pelatih tim cadangan United, Warren Joyce, yang mengamini apa yang dikatakan Fergie.

Yennaris-Januzaj

“Adnan tumbuh di jalur yang tepat dan saya pikir ia mendapatkan pelajaran yang bagus di Belgia. Ia datang kesini dengan teknik hebat dan punya keinginan untuk menjadi pesepakbola hebat.”

Rasanya memang tidak ada salahnya untuk memasukkan nama Januzaj ke dalam skuad utama United musim depan. Ingat, setidaknya dalam dua musim terakhir sektor tengah United selalu bermasalah.

Musim ini mereka tak bisa selalu memainkan Darren Fletcher dan Paul Scholes karena lebih banyak cedera. Anderson sepertinya juga memilih pergi. Di sektor sayap sama saja. Trio Antonio Valencia, Nani, dan Ashley Young dinilai tampil angin-anginan musim ini.

So, dengan sudah menggenggam status sebagai juara musim ini, Fergie rasanya memang harus memberi kesempatan lebih awal untuk Januzaj merasakan atmosfer bermain di Premier League. Bukan tidak mungkin Januzaj akan menjadi pilar lini tengah United bersama pemuda lain seperti Tom Cleverley dan Nick Powell.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda