Scroll to Top

Margot Woelk, Sang Pencicip Makanan Adolf Hitler

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 02 May 2013

margot-woelk

Siapa sangka jika nenek satu ini dulunya adalah pencicip makanan yang disuguhkan kepada pemimpin Nazi, Adolf Hitler. Dia adalah Margot Woelk, asal Jerman, yang usianya sekarang sudah menginjak 95 tahun. Dia adalah salah satu dari beberapa gadis yang dipersiapkan untuk mencoba dahulu makanan Hitler agar bisa dipastikan bebes dari racun.

Woelk bisa dibilang memiliki pekerjaan enak, sekaligus mengancam nyawa. Kalau makanan tidak ada racun, maka dia menyantap makanan kelas atas. Namun, jika sampai yang disantapnya beracun, bisa dipastikan Woelk dan teman-temannya akan merasakan efek racun.

Seperti dikutip BBC, kala itu Hitler memang cukup was-was dengan makanan yang akan disantapnya. Pasalnya, pasokan sangat terbatas dan sedang terjadi peperangan. Dikhawatirkan, makanan Hitler terkena racun yang dilakukan oleh personal pro-Inggris. Akhirnya, dipersiapkanlah 15 gadis sebagai pencicip makanan milik Hitler. Diketahui pula, ternyata Hitler adalah seorang vegertarian. Rata-rata makanan yang disantapnya adalah sayuran.

”Makananya sangat enak, hanya sayuran terbaik (yang disajikan), asparagus, paprika, apa saja. Selalu disajikan bersama dengan nasi atau pasta,” kata Woelk seperti dikutip BBC dari AP.

Woelk menjalani profesi pencicip tersebut kurang lebih 2,5 tahun. Dia mengabdikan diri bagi Hitler sejak berusia sekitar 20-an. Dia menjalankan pekerjaannya di sebuah kompleks yang dijaga ketat oleh pasukan Hitler, pada sebuah daerah  di Polandia. Tempat itu sekaligus menjadi tempat tinggal dan pusat komando pasukan Nazi.

Hanya saja, nasib Woelk cukup nahas usai Nazi mengalami kekalahan. Saat Berlin jatuh ke Rusia, dia bulan-bulanan jadi sasaran pemuas nafsu seksual tentara Rusia. Dia selama 14 hari ditawan dan dilucuti kehormatannya.

Hal tersebut menimbukan trauma cukup dalam bagi Woelk. Namun sekarang, dia sudah bisa berkompromi dengan masa lalunya yang kelam dan berani menceritakan kisah hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda