Scroll to Top

Gunung Fuji Bersiap Menjadi Situs Warisan Dunia

By Ilham Choirul / Published on Friday, 03 May 2013

fuji

Gunung Fuji yang berada di Jepang dimasukkan sebagai nominasi sistus warisan dunia yang diprakarsai oleh UNESCO. Lembaga yang konsen terhadap kebudayaan internasional itu menilai bahwa gunung tersebut memang layak didaftarkan sebagai warisan dunia. Akhirnya, Rabu kemarin (01/05), Badan Urusan Kebudayaan  Jepang telah mendapatkan kabar dari Dewan Internasional Monumen dan Situs, bahwa Gunung Fuji menjadi salah satu situs yang direkomendasikan UNESCO. Demikian dikutip dari BBC.

Penetapan  Gunung Fuji sebagai situs warisan dunia masih menunggu hingga bulan Juni nanti. Saat itu akan diadakan acara pertemuan Komite Warisan Dunia yang diadakan di Kamboja. Keputusan situs mana saja yang ditetapkan, akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

Jepang saat ini telah memiliki 12 warisan dunia yang diakui oleh UNESCO. Bila Juni nanti  Gunung Fuji juga diakui, maka Jepang memiliki total 13 situs warisan dunia.

Sementara itu,bagi  Hidetada Sudo Hidetada Sudo, Walikota Fujinomiya, momen ini sangat berharga. Sebab, masuknya Gunung Fuji dalam kategori tersebut dapat menjadi media promosi pariwisata di wilayahnya. Selain itu, ini merupakan bentuk pengakuan internasional terhadap Gunung Fuji.

“Saya berharap banyak orang akan mengunjungi kami. Ini merupakan langkah besar bagi pembangunan kota,” kata Sudo.

GunungFuji merupakan salah satu gunung yang cukup banyak pengunjungnya. Dia menjadi gunung ternama di Jepang yang juga menjadi salah satu mascot bagi negara ini. Tinggi Gunung Fuji yaitu 3.776 meter dan memiliki pengaruh dalam kebudayaan, seni, dan agama di Jepang. Sebagian masyarakat juga memiliki ritual untuk naik gunung tersebut setiap tahun sebagai bagian dari ajaran keagamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda