Jadwal Final Liga Champion 2013

Jadwal final Liga Champion 2013 antara Borussia Dortmund vs Bayern Munchen akan dilaksanakan pada Minggu, 26 Mei 2013 pukul 01.45 WIB. Stadion Wembley akan menjadi saksi siapa yang layak dinobatkan sebagai tim terkuat Eropa di antara duo wakil Liga Jerman ini.

Ya, setelah dominasi Barcelona dalam empat tahun terakhir —dua kali juara dan dua kali mencapai semifinal–, kini tiba saatnya roda berputar. Dortmund dan Bayern menunjukkan taring mereka dengan menyingkirkan berturut-turut Real Madrid dan Barca, dua tim yang awalnya konon akan menyajikan partai panas andai El Clasico terwujud di partai puncak.

Tapi, duel Dortmund vs Bayern juga merupakan El Clasico lain. Keduanya adalah musuh bebuyutan di kompetisi domestik. Keberhasilan Borussia menjuarai Bundesliga dua kali beruntun, langsung ditanggapi Bayern Munchen untuk terus membentuk tim impian yang lebih spektakuler lagi. Kehadiran Mario Mandzukic dan Javi Martinez ke kubu Juup Heynckes menunjukkan keseriusan Bayern mengguncang dominasi anak-anak Juergen Klopp.

Munich sukses melakukannya di liga domestik. Mereka meraup gelar Bundesliga tercepat sepanjang sejarah. Namun, bukan berarti hal yang sama akan berlaku di final Liga Champions. Dortmund, dari segi perjalanan, juga layak menggenggam trofi.

Memang Bayern telah mempecundangi Barcelona yang berlabel raja Eropa. Namun, di babak penyisihan grup Dortmund juga sudah menjadi raja di antara tiga juara liga-liga Eropa. Manchester City dilibas, Ajax ditekuk, dan Real Madrid dibenamkan.

Agak unik, tiga minggu sebelum partai puncak di Wembley, Dortmund dan Bayern bisa bersua di kompetisi domestik. Ya, Sabtu (4/5) ini keduanya bertempur di Signal Iduna Park dalam lanjutan Bundesliga. Siapa pun yang menang dalam laga ini, akan memiliki kepercayaan diri ekstra sebelum Minggu (26/5). Sebaliknya, yang tumbang akan terbakar ‘dendam’ yang mesti dilunasi di partai puncak kompetisi Eropa.

Hati-hatilah, final Liga Champions sudah dimulai bahkan sejak hari ini.