Scroll to Top

Jepara Punya Kerajinan Tenun Ikat Troso

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 04 May 2013

troso

Kota Jepara memiliki kerajinan kain yang cukup khas yaitu tenun ikat Troso. Sesuai dengan namanya, kerajinan ini bisa ditemukan di Desa Troso Pecangaan, Jepara. Penggemar tenun ikat Troso bukan hanya warga lokal setepat. Sebab, pangsa pasarnya melebar sampai ke berbagai wilayah Indonesia. Kota yang paling banyak memesan tenun ini adalah Bali. Di sana tenun ikat Troso sangat diminati.

Seperti dikutip Tourism News, tenun ikat Troso memiliki dua motif yang berciri khas tersendiri. Warga Troso yang menjadi pengrajin biasa memberikan motif daun talas (lompong) dan pohon cemara dalam karyanya. Bahan baku yang dipakai adalah benang katun, serat nanas, viskos,  rayon , sutra alam, pewarna, dan rafia.  Hasil dari tenun ikat Troso antara lain adalah untuk bahan gorden, pakaian seragam, pakaian adat, baju, sarung, dan sebagainya.

Namun desain tersebut bukan hasil final. Atas permintaan pembeli, tenun ikat tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan.

Tenun Troso mulai mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Jepara. Tenun ini seringkali diikutsertakan dalam pameran di tingkat nasional dan internasional. Pelestarian juga digalakkan agar warisan budaya tersebut tidak mati. Tenun Troso makin dikenal tatkala Presiden SBY pernah mengenakannya dalam suatu acara.

Jika Anda ingin berkunjung melihat pembuatan tenun ikat Troso, silakan ambil tiket menuju Jepara. Sentranya di Desa Troso yang terletak 15 kilometer menuju tenggara dari Kota Jepara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda