Scroll to Top

Marc Marquez Pemimpin Klasemen MotoGP Termuda Sepanjang Sejarah

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 09 May 2013

Marc Marquez Pemimpin Klasemen MotoGP Termuda Sepanjang Sejarah

Marc Marquez lagi-lagi masuk podium, dan pembalap muda Spanyol ini lagi-lagi memecahkan rekor. Berkat keberhasilannya duduk di peringkat kedua di Grand Prix Spanyol, Marquez resmi menjadi pemimpin klasemen sementara termuda dalam sejarah MotoGP.

Baru 20 tahun, dan berada di musim pertamanya di MotoGP, Marc Marquez sudah menjadi idola baru. Apa lagi kalau bukan berkat prestasinya. Pembalap senegara Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo ini tiga kali berturut-turut nangkring di podium sepanjang tiga seri awal MotoGP 2013. Sesuatu yang hanya bisa diikuti oleh sang juara bertahan Lorenzo.

Penampilannya di Sirkuit Jerez sedikit ‘kontroversial’ dengan menyalip Jorge Lorenzo. Namun, cerita indah tentang Marquez terus berlanjut. Saat ini ia mengumpulkan 61 poin. Jumlah ini melampaui¬† Dani Pedrosa (58 poin) dan Jorge Lorenzo (57 poin). Sepanjang sejarah, belum ada pembalap semuda Marquez yang bisa memimpin klasemen sementara MotoGP.

Sebenarnya, Marquez sudah memimpin klasemen sementara sejak GP Austin. Namun ketika itu ia masih bersandingan dengan Jorge Lorenzo dengan 41 poin. Kini, Marc Marquez melenggang sendirian.

Sang pembalap kelahiran Lleida mematahkan rekor sebelumnya dalam sejarah kelas premier. Usia Marquez kala memimpin klasemen setelah GP Spanyol adalah 20 tahun 77 hari. Ia lebih muda daripada Mike Hailwood (21 tahun 75 hari) yang memimpin klasemen pada tahun 1961. Juga, seorang Freddie Spencer yang memimpin klasemen pada tahun 1983. Ketika itu Spencer berusia 21 tahun 89 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda