Scroll to Top

PSSI Jangan Hanya Urusi Timnas Indonesia Senior Saja!

By Aditya / Published on Saturday, 11 May 2013

Timnas Indonesia U-17

PSSI diminta jangan hanya fokus dalam mengurusi Timnas Indonesia senior saja. Level Timnas Indonesia di bawahnya, terutama pada tingkatan usia dini, juga harus diperhatikan. Pasalnya, para pemain muda inilah yang kelak akan menjadi tulang punggung Timnas Indonesia di masa depan. Demikian yang dilontarkan oleh Mantan Direktur Pembinaan Usia Dini PSSI, Bob Hippy.

“Indonesia harus melalui proses untuk mengembangkan sepakbolanya. Jangan terfokus sama tim (nasional) senior, tapi harus bisa fokus di usia dini pula untuk membina benih-benih pemain potensial agar bisa digunakan di masa depannya,” kata Bob Hippy di Jakarta belum lama ini.

Eks pengurus PSSI yang dikabarkan telah dipecat dari jabatan anggota Exco dan dihukum skorsing ini melanjutkan, Timnas Indonesia usia muda, termasuk Timnas Indonesia U-14, harus memperoleh perhatian yang lebih serius dari PSSI, termasuk dengan memberikan tambahan jam terbang di level internasional.

“Mereka ini (pemain-pemain muda) tengah masuk ke dalam masa pengembangan kualitas permainan. Harusnya PSSI bisa lebih bijak dengan tetap mengikutsertakan mereka ke ajang internasional agar mental bertanding mereka terasah dengan baik,” tandas Bob Hippy.

Pembinaan pemain usia muda, lanjut Bob Hippy, merupakan salah satu program yang telah dicanangkan FIFA dan AFC yang harus dilakukan oleh setiap federasi sepakbola di negara manapun yang bernaung di bawah FIFA.

“Sesuai dengan program FIFA, setiap negara harus memiliki grass root program (pembinaan usia dini) yang dimulai dari usia 12 tahun lalu berjenjang di setiap 2 tahun di atasnya,” ujar Bob Hippy.

“FIFA beserta AFC juga sudah memiliki program untuk kompetisi di kategori usia dini jadi kita harus bisa mengikuti model tersebut jika memang sepakbola kita harus maju,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda