Scroll to Top

FB Malware Terbaru Incar Pengguna Chrome serta Firefox

By Ibnu Azis / Published on Monday, 13 May 2013

Facebook Malware

Microsoft mendetekasi sebuah FB malware terbaru yang hadir lewat sebuah ekstensi dan add-on. Ini berarti pengguna peramban Chrome dan Firefox sedang diincar untuk disusupi yang bisa berujung pada pembajakan akun.

Microsoft mengindikasi ancaman ini sebagai Trojan:JS/Febipos.A. Terdeteksi pertama kali di Brasil, laiknya plug in lainnya, malware ini akan memerbarui dirinya sendiri sesuai dengan intruksi si pembuat.

Menariknya lagi, malware tersebut akan seolah-olah menjadi sebuah ekstensi atau add-on resmi. Ini berarti peramban akan menganggapnya sebagai piranti tambahan browser yang sah.

Trojan:JS/Febipos.A menyerang dengan berupaya mengunduh segala data serta informasi sesuai dengan posisi sebagai ekstensi atau add-on. Dalam pada itu program jahat ini lakukan serangkaian tindakan ke akun jejaring sosial seperti Facebook.

Trojan tersebut akan memeriksa apakah pengguna telah login ke Facebook atau tidak. Serangan lain seperti memberi jempol sebuah laman, bergabung ke group, chatting, berkomentar, dan memosting status. Semua tindakan tersebut tentu saja tidak disadari oleh pemilik akun.

Namun Microsoft menengarai jika kemungkinan besar ancaman malware ini hanya ditujukan untuk wilayah tertentu (Brasil). Ini bisa dilihat dari semua pesan yang ditulis dalam Bahasa Portugis. Namun Microsoft tetap menyarankan agar pengguna Facebook waspada. Sangat mudah untuk mengubah bahasa dan menyasar pengguna secara global.

Meski dalam sekup regional dan tidak meluas, pengguna diharapkan lebih teliti tatkala menginstal ekstensi atau add-on. Jika ingin menambah salah satunya, sila unduh dan instal di lokasi yang terpercaya; Chrome Web Store dan Add-ons for Firefox.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda