MotoGP 2013 akan sampai di sirkuit Le Mans akhir pekan besok. Valentino Rossi yang gagal raih podium di seri Jerez dua minggu lalu, berharap menorehkan prestasi bagus di seri Perancis nanti. Ia bisa meraih hal itu jika cuaca Le Mans bersahabat dengan para rider.

Valentino Rossi tidak memiliki problem pribadi dengan sirkuit Le Mans. Kebetulan sirkuti Perancis cocok dengan M1. Namun di mata Rossi, kendala terbesar saat memasuki sirkuit ini adalah cuaca. Le Mans terkenal dengan cuacanya yang tidak menentu. Oleh karenanya, ia berharap balapan berjalan lancar-lancar saja.

“Le Mans adalah trek yang bagus bagi saya, juga karena dalam dua tahun terakhir saya bisa sampai di podium baik saat track kering mau pun basah,” buka juara MotoGP tujuh kali ini. “Kami berharap mengulangi prestasi yang sama dan lebih baik dengan Yamaha karena ini adalah trek yang baik untuk M1.”

“Di Le Mans cuaca akan menjadi sangat penting, karena biasanya cuaca cukup buruk. Kadang dingin dan kadang basah. Kami akan melihatnya lebih lanjut. Kami harus bekerja dengan baik dan mencoba untuk memahami cuaca dan kondisi trek. Kami akan mencoba untuk berbuat semaksimal mungkin.”

Di sisi lain, direktur tim Yamaha, Massimo Meregalli percaya baik Jorge Lorenzo mau pun Rossi mampu tampil kompetitif. Kepercayaan ini ia tanam sebab Yamaha telah melakukan serangkaian tes pasca MotoGP Jerez.

“Di Jerez, selama pengujian kami mengumpulkan banyak data baik sehingga kita akan menghadapi akhir pekan ini dengan keyakinan bahwa kami dapat melakukannya dengan baik. Le Mans selalu menjadi lintasan yang baik untuk Yamaha dan untuk alasan ini kami akan menargetkan akhir pekan ini mencapai hasil yang maksimal,” tegas Massimo Meregalli.