Scroll to Top

Pejabat Arab Saudi: Pengguna Twitter Celaka Dunia Akhirat!

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 16 May 2013

Twitter Sensor

Seorang pejabat Arab Saudi mengecam penggunaan media sosial khususnya Twitter. Bahkan ia berujar dengan keras jika pengguna Twitter akan celaka dunia akhirat! Apa maksud pernyataannya?

Sheikh Abdul-Latif al-Sheikh, seorang kepala polisi agama di Arab Saudi menyatakan jika warga negerinya akan merugi jika gunakan microblogging ini. Ini bukan kali pertama sampaikan tudingan miring terhadap Twitter.

Pada bulan Maret lalu misalnya, di depan para ulama Arab Saudi, Sheikh Abdul-Latif al-Sheikh menuding jika Twitter sebagai media penyebar pesan-pesan tidak benar. Ia menyoroti Twitter sebagai alat hasut.

Masih dalam kurun waktu yang sama, seorang imam masjid di Mekah berujar jika warga bebas dan miliki hak untuk berpendapat. Namun tatkala menyuarakan aspirasi harus selalu menjaga kewibawaan dan integritas negara.

Pejabat Arab Saudi terkesan khawatir akan penggunaan Twitter yang sering dimanfaatkan sebagai media diskusi perihal politik, agama, dan sosial yang sangat sensitif. Bukan jadi rahasia lagi jika jejaring sosial tersebut di Timur Tengah digunakan sebagai media penggalang dukungan.

Tak hanya sebagai penggalang massa Twitter kerap kali dipakai sebagai alat mengkoordinir gerakan. Terlebih lagi jika di negara yang bersangkutan sedang diterpa isu pergolakan politik..

Arab Saudi sendiri satu dari sekian negara yang miliki pertumbuhan pengguna Twitter cukup tinggi. Apa yang diucapkan Sheikh Abdul-Latif al-Sheikh wajar saja soal kekhawatirannya. Namun tidak sedikit negara yang memanfaatkan Twitter sebagai media komunikasi dan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda