Scroll to Top

Tips Sukses Fitness

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 16 May 2013

fitness

Banyak orang datang ke tempat fitness untuk berbagai tujuan. Misalnya adalah membangun otot sehingga tampak kekar, menurunkan berat badan, dan sebagainya. Namun, inti semua niatan tersebut adalah membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

Hanya saja, yang kerap menjadi permasalahan adalah komitmen untuk terus berlatih. Motivasi untuk mewujudkan keinginan yang dicapai menjadi luntur setelah melakukan fitness beberapa kali. Agar agenda fitness Anda sukses, tips berikut bisa dicoba:

  1. Tetapkan tujuan Anda melakukan fitness. Misalnya, Anda berusaha untuk menurunkan berat badan sebanyak 5 kilogram selama satu bulan. Dengan begitu Anda akan selalu termotivasi pada tujuan Anda saat berolahraga.
  2. Catatlah kemajuan yang telah dicapai selama sebulan. Dalam kasus penurunan berat badan pada poin sebelumnya, Anda dapat menuliskan penurunan berat secara bertahap yang sudah Anda rasakan.
  3. Untuk melihat kemampuan Anda berlatih, lakukan pula pendataan terhadap hal yang berkaitan dengan latihan. Misanya yaitu lamanya sesi latihan dan jenis latihan yang Anda lakukan.Dengan data ini, Anda bisa mencoba jenis latihan yang lebih berat lagi untuk meningkatkan kemampuan.
  4. Jika ingin membentuk otot dan meningkatkan kepadatan tulang, lakukan latihan yang lebih keras secara bertahap. Anda bisa melatih semua otot utama dengan menjadwalkan sesi latihan satu sampai tiga kali seminggu. Ini boleh dilakukan pria maupun wanita.
  5. Cukupi kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Di samping berlatih, Anda juga perlu tidur 7-9 jam setiap hari agar otot yang terlalu capek. Berikan waktu 1-2 hari setiap minggu bagi tubuh untuk beristirahat.
  6. Sebelum berlatih inti, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sekitar 5-10 menit. Ini untuk menaikkan suhu tubuh dan mencegah cedera. Akhiri latihan dengan peregangan (pendinginan) pada semua bagian tubuh. Tujuannya yaitu mengurangi sakit pada otot dan membuatnya tetap fleksibel.
  7. Cukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Konsumsilah makanan sehat dan hindari diet ketat.
  8. Motivasi itu perlu. Agar Anda makin bersemangat, lakukan latihan bersama teman-teman agar komitmen Anda untuk sehat dengan fitness tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda