Scroll to Top

Ryan Giggs: Pemain Tersisa Dari Class of 92 Manchester United

By Wan Faizal / Published on Friday, 17 May 2013
Class of 92
Class of 92: Eric Harrison (manajer), Ryan Giggs, Nicky Butt, David Beckham, Gary Neville, Phil Neville, Paul Scholes, Terry Cooke

Manchester United dikenal sebagai tim yang termasuk bagus dalam mengorbitkan pemain muda. Salah satu kesuksesan mereka adalah munculnya Class of ’92 yang berisikan pemain muda bertalenta macam Ryan Giggs, Nicky Butt, David Beckham, Gary dan Phil Neville, Paul Scholes, serta Terry Cooke. Namun setelah lebih dari dua dekade, hanya Giggs yang saat ini masih bertahan sebagai pesepakbola.

Class of ‘92 adalah salah satu produk tersukses dari akademi MU yang saat itu dilatih oleh Eric Harrison. Mereka semua lantas dimasukkan oleh Sir Alex Ferguson untuk masuk ke tim utama. Keputusan yang tepat karena mereka lah yang pada akhirnya menjadi tulang punggung tim meraih banyak sukses di kemudian hari. Namun sayangnya, meski mengawali karier bersama, tujuh pemain tersebut tak bisa terus bersama di United hingga akhir kariernya.

Pemain pertama yang meninggalkan United dari ketujuhnya adalah Cooke. Pemain kelahiran Marston Green ini bisa dibilang lulusan Class of ’92 yang paling sial. Bagaimana tidak, sempat mencuat di awal kariernya di Old Trafford, Cooke lantas dipinjamkan ke beberapa klub seperti Sunderland, Birmingham City, Wrexham, dan Manchester City. Klub terakhir tersebut akhirnya menebus Cooke dari MU. Cooke sendiri akhirnya pensiun pada 2011 silam.

Pemain kedua yang pergi dari United adalah Beckham. Setelah terjadinya insiden dengan Fergie yang berakibat luka pada pelipis mata Becks, United akhirnya sepakat menjual Becks ke Real Madrid pada 2003 dengan banderol 35 juta euro. Pemain berusia 38 tahun itu akhirnya memutuskan pensiun pada akhir musim 2012-2013 ini setelah berhasil membawa PSG menjadi yang terbaik di Prancis.

Class of 92
Scholes, Butt, Gary, Fergie, Beckham, Giggs, Phil

Ketiga, ada Butt. Pemain berposisi gelandang bertahan ini adalah salah satu anak emas Fergie di masanya. Sayang, masa pengabdiannya di Old Trafford hanya bertahan hingga 2004 setelah ia memutuskan pindah ke Newcastle United. Butt akhirnya memutuskan gantung sepatu pada 2011 dan kini menjabat sebagai staf pelatih di tim cadangan United.

Phil Neville menjadi pemain berikutnya yang terpisah dari Class of ’92. Adik dari Gary Neville itu memutuskan hengkang ke Everton pada 2005 dan membantu David Moyes menjadikan The Toffees sebagai salah satu kuda hitam terbaik di liga. Phil memilih pensiun pada akhir musim ini.

Sementara tiga pemain lain yakni Giggs, Scholes, dan Gary tetap melanjutkan kariernya bersama MU saat keempat rekannya pindah klub. Gary akhirnya pensiun pada 2011, sementara Scholes mengumumkan pensiun untuk kedua kalinya pada akhir musim ini setelah pada 2011 lalu ia sebenarnya sudah pensiun, namun diminta bermain kembali oleh Fergie.

Dan disaat Phil, Beckham, dan Scholes memutuskan untuk berhenti jadi pesepakbola di akhir musim ini, Giggs masih bisa mengangkat trofi Premier League ke-13 baginya dan terus berada dalam kondisi prima untuk melanjutkan petualangannya musim depan.

Ryan Giggs
Ryan Giggs bersama trofi Premier League ke- 13 nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda