Share

Hasil Pilgub Bali 2013 Siapa Pemenang Pilkada Bali Foto Istimewa

Siapakah pemenang Pilkada Bali? Jawabannya belum pasti. Berbagai lembaga survey sudah merilis hasil quick count. Namun, tidak ada satu pun yang bisa benar-benar menjadi patokan bukti hasil Pilgub Bali 2013 yang valid. Mengapa?

Tak lain tak bukan, adalah perbedaan selisih suara antara pasangan Made Mangku Pastika-I Ketut Sudikerta  (Nomor Urut 2) dengan AA Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan (Nomor Urut 1) yang demikian tipis. Betapa tidak? Selisih persentase keduanya hanya kurang dari 1%. Hal ini membuat semua hasil quick count dirasa percuma. Mengingat, dalam hitung cepat seperti ini, sudah disepakati bahwa margin errornya, kemungkinan pergeseran suaranya 2%.

Semisal, apa yang disuguhkan oleh Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC). Berdasarkan hasil quick count mereka, yang menang adalah pasangan AA Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan dengan perolehan tipis 50,31 persen. Sementara itu, pasangan  Made Mangku Pastika-I Ketut Sudikerta mendapatkan 49,69 persen.

Lain halnya dengan data yang disuguhkan oleh  Indonesia Research Center (IRC). Berdasarkan hitung cepat versi mereka, yang menang adalah pasangan dengan nomor urut 2, Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta dengan perolehan 50,01%. Sementara, pasangan  AA Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan berselisih tipis dengan perbedaan 0,01 persen saja.

Dengan keadaan ini, maka yang menjadi ‘penentu’ adalah hasil perhitungan sesungguhnya yang digelar oleh KPU Bali. Tidak ada yang bisa meraba-raba sebelum pengumuman oleh lembaga yang diketuai oleh Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa ini. Sang ketua KPU pun menegaskan agar semua pihak bersabar sekaligus mengawal proses penghitungan suara.

“Kami meminta semua pihak bersabar menunggu hasil resmi dari KPU. Mari saling kontrol agar tidak ada kecurangan,” ucapnya seperti dikutip oleh Metro TV.

Foto: istimewa