Scroll to Top

Meteor Menabrak Bulan Sebabkan Ledakan Setara 5 Ton TNT

By Ditya / Published on Saturday, 18 May 2013

Meteor Bulan

Sebuah meteor telah menabrak Bulan dan menimbulkan ledakan dahsyat setara 5 ton TNT terjadi pada 17 Maret 2013. NASA menyebutkan bahwa meteor ini adalah yang terbesar sejak 8 tahun terakhir ini yang menabrak Bulan. Meteor yang menabrak bulan tersebut diperkirakan memiliki berat mencapai 40 kg.

Astronom NASA memang selama 8 tahun terakhir ini mengamati ledakan-ledakan yang diakibatkan oleh tabrakan dengan meteor. salah satu tujuan memantau tabrakan meteor ini adalah mengidentifikasi aliran puing-puing atau bongkahan meteor yang menimbulkan ancaman potensial bagi Bumi dan Bulan.

Melalui program pengamatan meteor ini, NASA telah mendeteksi ratusan dampak tabrakan meteor di Bulan. Para astronom NASA ini mengaku bahwa ledakan meteor yang baru saja terjadi di Bulan ini adalah yang terbesar sejak program pengamatan meteor di Bulan mulai dilaksanakan delapan tahun yang lalu.

“Pada tanggal 17 Maret 2013, sebuah objek seukuran batu kecil menghantam permukaan bulan di Mare Imbrium. Ini meledak di flash hampir 10 kali lebih terang sebagai sesuatu yang pernah kita lihat sebelumnya,” kata Bill Cooke dari Meteoroid Environment Office NASA.

Peristiwa tabrakan meteor di Bulan ini memang tak dapat di lihat oleh mata telanjang dan diperlukan teleskop untuk melihatnya. Saat ini, NASA tengah mengerahkan satelit untuk mengetahui dampak tabrakan meteor di Bulan tersebut yang disinyalir membentuk kawah dengan diameter sekitar 20 meter.

Mengapa dampaknya begitu hebat hingga membentuk kawah dengan diameter sekitar 20 meter? Hal ini karena Bulan tidak memiliki atmosfer yang mampu melindungi atau setidaknya mengurangi dampak tabrakan meteor tersebut. Sedangkan Bumi memiliki atmosfer yang melindunginya dari tabrakan meteor pada batas-batas tertentu.

Seperti yang dilanskir dari NASA (16/05/2013), sampai saat ini NASA terus mengkaji meteor tersebut yang diperkirakan berdiameter 0,3 meter yang berkecepatan mencapai 90.123 kilometer per jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda