Scroll to Top

Tiga Restoran Indonesia Masuk Jajaran 101 Restoran Terbaik Asia

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 18 May 2013

baan aarya

Indonesia memberikan wakilnya dalam pemilihan 101 restoran terbaik di Asia menurut situs The Daily Meal. Ketiga restoran tersebut adalah restoran Mozaic di Bali, restoran Padang Garuda di Jakarta, dan restoran Baan Aarya di Pulau Bintan. Mozaic berada di urutan 64. Sementara itu,  Padang Garuda menempati peringkat 79 . Demikian informasi yang dikutip dari BBC.

Negara China menunjukkan dominasinya dalam pemilihan ini. Restoran Duck de Chine di China, yang cukup tenar dengan masakan olahan bebek Peking, menjadi “raja” dalam daftar karena mendominasi separuhnya. Restoran tersebut juga menduduki posisi runner up setelah posisi pertama dimiliki oleh restoran Din Tai Fung di Taiwan. Sementara itu, posisi ketiga dipegang oleh restoran Green T House yang dikenal memiliki gaya nouvelle cuisine.

Restoran yang dinilai bukan hanya melihat daftar menu yang menyajikan makanan lokal semata. Restoran di suatu negara yang menyajikan menu khas negara lain di Asia, juga turut diseleksi. Restoran Baan Aarya, misalnya, sekalipun restoran ini ada di Pulau Bintan ternyata menyajikan masakan khas Thailand. Dan, cita rasanya tidak kalah dibanding dari asal negaranya. Restoran lain yang membawa konsep serupa yaitu restoran Sushi Oyama yang ada di Shanghai, China.

Pemilihan 101 restoran terbaik di Asia ini dilakukan oleh kritikus, penulis kuliner, dan warga asing yang menetap lama di negara-negara Asia. Aspek yang dinilai adalah kualitas makanan, harga, popularitas, dan gaya.

“Kami memilih tempat yang dikenal karena melakukan sesuatu yang benar-benar sempurna,” kata Colman Andrews, direktur editorial The Daily Meal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda