Scroll to Top

Nyamuk Malaria Suka dengan Bau Tubuh Manusia

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 18 May 2013

nyamuk

Peneliti menemukan cara bagi nyamuk malaria untuk mencari mangsanya. Nyamuk ini ternyata lebih suka mendekati sasaran dengan berbekal keringat manusia. Bau yang muncul menjadi pemikat bagi nyamuk malaria untuk menggigit dan melepaskan parasit ke dalam aliran darah, sehingga seseorang menjadi terjangkit penyakit malaria.

Dikutip dari BBC, kemungkinan nyamuk yang membawa parasit malaria ini tiga kali lebih mungkin menyerang manusia karena feel bau badan dibanding nyamuk biasa. Saat parasit dalam nyamuk pindak ke tubuh seseorang, dia adakan bereproduksi dan menginfeksi. Studi dari London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM), Belanda, yang dimuat jurnal Plos One ini menambah daftar cara penularan penyakit malaria pada manusia.

Dalam studi ini, peneliti melibatkan nyamuk malaria yang telah terjangkit oleh parasit Plasmodium falciparum. Parasit ini cukup mematikan saat sudah menginfeksi tubuh. Kurang lebih 100 nyamuk tersebut lantas ditaruh pada suatu tempat. Di sana juga ditempatkan beberapa stoking yang telah dipakai selama 20 jam oleh pemiliknya.

Hasilnya, nyamuk malaria suka sekali bersarang pada stoking bau tersebut. Sebaliknya, ketika diujikan pada nyamuk biasa, mereka tidak begitu sama tertariknya dengan nyamuk malaria untuk bersarang pada stoking. Dan, nyamuk malaria tiga kali lebih suka hinggap pada stoking yang telah memiliki bau manusia dibanding nyamuk yang tanpa parasit.

“Stoking adalah cara paling efektif untuk mengumpulkan bau tubuh…bau yang akan bertahan berbulan-bulan,” kata Dr James Logan, peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda