17 Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM Tahun 2013

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) baru-baru ini mencantumkan 17 kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Produk-produk ini meliputi produk merk Tabita, Green Alvina, Chrysant, Hayfa, dr. Nur Hidayat,SpKK, hingga merk Cantik. 17 kosmetik ini mengandung mekuri yang merupakan salah satu penyebab kanker.

Produk-produk yang disebut berbahaya oleh BPOM ini merupakan hasil sampling dari sekitar 24.000 produk kosmetik. Jumlahnya (17 produk) memang lebih rendah daripada temuan tahun 2012 lalu yang mencapai 48 produk. Namun, menurut Lucky S. Slamet, ketua BPOM, “Nilai bahayanya sama.”

Selain  beredar di pasaran tanpa memiliki izin dari BPOM, 17 produk yang masuk dalam kategori ‘black list’ ini mengandung merkuri, hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol. Masing-masing berbahaya bagi kesehatan.

Semisal merkuri yang menjadi penyebab kanker. Efek samping penggunaannya, selain kanker adalah cacat janin, gagal ginjal, dan gangguan syaraf. Hidrokuinon, harus dipakai berdasarkan resep dokter. Meskipun digunakan untuk memutihkan kulit, jika dipakai berlebihan, dapat menyebabkan iritasi kulit.

Asam retinoat dapat mengikis kulit. Jika bahan ini dipakai dalam obat, bisa menyebabkan cacat pada janin. Alhasil penggunaannya harus mengikuti petunjuk dokter pula.

Masyarakat sendiri diminta waspada dalam menggunakan produk kosmetik. Apalagi saat ini peredarannya via online, memungkinkan produk-produk ini ‘lolos begitu saja dari pengawasan BPOM’. Masyarakat juga diminta aktif bertanya masalah aman tidaknya penggunaan kosmetik tertentu. “Hal ini penting guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, karena dampak dari penggunakan bahan berbahaya ini efeknya besar,” sebut Sandra Lintin, Kepala BPOM Ambon.

Berikut ini daftar kosmetik yang berbahaya yang dirilis oleh BPOM.

Tabita:
1. Tabita Daily Cream
2. Tabita Nightly Cream
3. Tabita Skin Care Smooth Lotion

Green Alvina
4. Herbal Clinic “Green Alvina” Walet Cream Mild Night Cream
5. Green Alvina Night Cream Acne

Kosmetika Merek Chrysant
6. Chrysant 24 Skin Care Pemutih Ketiak
7. Chrysant 24 Skin Care Cream Malam Jasmine
8. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1
9. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.2
10. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1

Hayfa
11. Hayfa Sunblock Acne Cream Natural Pagi-Sore
12. Hayfa Acne Morning Pagi-Sore

dr. Nur Hidayat,SpKK
13. Acne Lotion dr. Nur Hidayat,SpKK
14. Cream Malam Prima 1 dr. Nur Hidayat,SpKK
15. Acne Cream Malam dr. Nur Hidayat,SpKK

Cantik
16. Cantik Whitening Vit. E Night Cream
17. Cantik Whitening Vit. E Day Cream.

Foto: Antara