Scroll to Top

Samsung Galaxy Tab 3 10.1 Ditenagai Prosesor Intel Atom?

By Ditya / Published on Sunday, 19 May 2013
Samsung Galaxy Tab 3
Samsung Galaxy Tab 3

Berdasarkan informasi dari GLBenchmark, tablet Samsung Galaxy Tab 3 10.1 tak lagi menggunakan prosesor berbasis ARM, melainkan beralih ke prosesor berbasis x86 yakni Intel Atom dual-core. Sampai saat ini Samsung memang masih merahasiakan spesifikasi dan desain dari tablet Galaxy Tab 3 10.1.

Samsung sebelumnya telah merilis tablet Galaxy Tab 3 7.0 yang dibekali dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan tablet Galaxy Tab 2 7.0. Produsen smartphone asal Korea Selatan ini juga dikabarkan tengah siap dengan tablet Galaxy Tab 3 8.0 yang beberapa waktu lalu bocor spesifikasinya di internet.

Kali ini spesifikasi tablet Galaxy Tab 3 10.1 telah bocor di internet melalui situs GLBenchmark. Berdasarkan informasi dari situs tersebut, tablet Galaxy Tab 3 10.1 ini ditenagai oleh prosesor Intel Atom Z2560 dual-core yang berlari dengan kecepatan 1,6GHz yang dilengkapi dengan fitur HyperThreading yang dipadukan dengan grafis dapi PowerVR SGX 544MP2. HyperThreading ini adalah fitur yang dimiliki prosesor Intel yang memberikan dua jalur eksekusi setiap core prosesor.

Penggunaan prosesor Intel untuk tablet Galaxy Tab 3 10.1 oleh Samsung ini cukup mengejutkan, mengingat biasanya Samsung menggunakan prosesor berbasis arsitektur ARM seperti Qualcomm Snapdragon, Nvidia Tegra, TI OMAP atau Samsung Exynos.

Kinerja prosesor Intel Atom dual-core Z2560 ini tak bisa dipandang sebelah mata, pada benchmark AnTuTu mampu menghasilkan skor 24.616 poin. Skor ini cukup tinggi dan mampu mengimbangi jajaran prosesor quad-core berbasis ARM.

Tablet Samsung Galaxy Tab 3 10.1 ini dibekali dengan layar 10,1 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel dengan kerapatan layar mencapai 149 piksel per inci dan menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean. Sampai saat ini memang belum banyak informasi yang beredar terkait tablet Galaxy Tab 3 10.1 ini.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (18/05/2013), Samsung sampai saat ini masih belum memberikan komentar resmi terkait kehadiran tablet Galaxy Tab 3 10.1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda