Scroll to Top

PSSI & Tim Pelatih Timnas Indonesia U-19 Kurang Komunikasi

By Aditya / Published on Monday, 20 May 2013

timnas indonesia u-19 Indra Sjafri pssi djohar arifin

Kurang komunikasi terjadi antara PSSI dan tim pelatih Timnas Indonesia U-19 terkait dengan lokasi pelatnas bagi skuat Garuda Muda. Fakta ini terungkap ketika pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengaku tidak mengetahui rencana PSSI yang ingin menggelar pelatnas Timnas Indonesia U-19 di Timika, Papua. Sedangkan Indra Sjafri sendiri menginginkan pelatnas Timnas Indonesia U-19 digelar di Malang.

Djohar Arifin Husin selaku Ketua Umum PSSI telah menyatakan bahwa Timnas Indonesia U-19 akan menggelar pelatnas di lapangan sepakbola milik PT Freeport yang berlokasi di Timika, Papua. Lagipula, perusahaan raksasa yang bergerak di sektor pertambangan emas tersebut telah menjanjikan bantuan dana untuk tim Merah-Putih selama berlangsungnya pelatnas dari tanggal 31 Mei-12 Juni 2013.

“Pelatnas Timnas Indonesia U-19 akan digelar di Timika, Papua. PT Freeport memberikan bantuan kepada PSSI,” kata Djohar Arifin Husin beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Indra Sjafri mengaku belum diberi tahu kabar bahwa Timnas Indonesia U-19 akan menggelar training centre (TC) alias pelatnas di Papua. Indra Sjafri bahkan agak khawatir mengingat faktor keamanan yang kurang terjamin di sana dengan masih adanya berbagai konflik bersenjata.

Indra Sjafri pun berencana untuk menanyakan langsung mengenai kepastian di mana lokasi pelatnas Timnas Indonesia U-19 kepada PSSI. Sebenarnya, masih ada beberapa opsi lain lokasi pelatnas selain di Jakarta, yaitu di Malang atau di Yogyakarta. Jakarta memang menjadi lokasi pelatnas sesi pertama, baru kemudian berpindah ke kota lain.

“Saya belum mengetahuinya kalau TC di Freeport. Bukannya di sana sedang ada bencana? Coba deh nanti saya tanya dulu,” kata Indra Sjafri di Jakarta belum lama ini.

Namun, apapun keputusan PSSI nanti, Indra Sjafri akan menghormati dan melaksanakannya, termasuk apabila pelatnas Timnas Indonesia U-19 benar-benar digelar di Mimika, Papua. Indra Sjafri akan membawa 35 pemain yang lolos seleksi pertama di Jakarta untuk TC yang kedua.

“Yang jelas, di mana pun tempat TC-nya, kita hanya membawa 35 pemain dari 70 pemain yang mengikuti seleksi,” ujar Indra Sjafri.

Indra Sjafri saat ini memang sedang mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 untuk menjaring para pemain yang akan terjun di ajang putaran final AFF Cup U-19 yang dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 21-28 September 2013 mendatang.

Indonesia akan bertindak sebagai tuan AFF Cup U-19 2013 yang akan digelar di Jawa Timur sebagai pihak penyelenggara ajang ini. Ada 3 stadion yang ditunjuk untuk menggelar pertandingan di event ini, yaitu Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Tri Dharma Gresik, dan Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Sebanyak 11 negara akan ikut serta dalam ajang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda