Hasil Pilkada Bali 2013 Menunggu Pengumuman KPU

sosialisasi-pilgubHasil Pilkada Bali 2013 Menunggu Pengumuman KPU

Pilgub Bali sudah digelar pada Rabu, 15 Mei 2013 lalu. Namun, siapa pemenang Pilkada Bali 2013 masih harus menunggu pengumuman KPU. Pasalnya, hasil quick count tidak bisa meramal dengan pasti siapa yang lebih unggul, apakah pasangan AA Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan (Nomor Urut 1) ataukah Made Mangku Pastika-I Ketut Sudikerta  (Nomor Urut 2).

Masalahnya apa lagi kalau bukan perbedaan selisih suara yang sangat tipis berdasarkan hasil quick count. Misalnya, dari hitung cepat SMRC (Saiful Mujani Research & Consulting). Pemenangnlah adalah pasangan AA Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan dengan perolehan tipis 50,31 persen. Sementara itu, berdasarkan hitung cepat  Indonesia Research Center (IRC), Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta  yang unggul dengan perolehan 50,01%.

Menanggapi hal ini, ketua KPU Provinsi Bali, Ketut Sukawati meminta agar masyarakat bersabar untuk menunggu hasil perhitungan suara yang sesungguhnya. Baik pendung PAS maupun Pasti-Kerta diharap mengawal KPU untuk mewujudkan pemilu yang benar-benar bersih. Saat ini sendiri, per 19 Mei hingga 21 Mei 2013 mendatang, tengah dilakukan rekapitulasi suara di tingkat PPK (Kecamatan). Hal ini merupakan lanjutan dari Rekapitulasi di PPS pada 16 hingga 21 Mei lalu.

Puncak dari perhitungan suara, adalah rekapitulasi yang digelar oleh KPU Provinsi Bali pada 25 Mei hingga 27 Mei 2013 mendatang. Ini adalah tahapan rekapitulasi keempat setelah terjadi perhitungan di KPU Kabupaten/Kota per 22 sampai 24 Mei mendatang.

“Kami minta masyarakat sabar dan tenang. Sebab, hasil Pilgub Bali yang resmi adalah perhitungan secara manual yang dilakukan oleh KPU,” jelas Ketut Sukawati seperti dikutip situs resmi KPUD Bali.

Komentar Anda

Leave A Response