Scroll to Top

Yahoo! Resmi Akuisisi Tumblr Senilai Rp 10 Triliun

By Ibnu Azis / Published on Monday, 20 May 2013

Tumblr

Dewan direksi Yahoo! dikabarkan telah setuju membayar Rp 10 triliun sebagai biaya akuisisi. Ini berarti selangkah lagi Yahoo! resmi mengakuisisi Tumblr. Demikian tulis The Wall Street Journal.

Jika akuisisi ini terjadi maka Yahoo! akan bergabung bersama Facebook dan Google di ‘klub akuisisi 1 miliar’. Facebook dan Google sama-sama habiskan dana 1 miliar dolar untuk akuisisi perusahaan rintisan (startup).

Tahun lalu Instagram dicaplok Facebook dengan banderol 1 miliar dolar berupa cash dan saham. Akibat sahan FB jeblok, angkanya turun jadi USD 750 juta. Sedangkan Google tahun 2006 lalu akuisisi Youtube di angka USD 1,65 miliar.

Sedangkan tawaran Yahoo! sendiri sempat naik. Sebelumnya dikabarkan di angka USD 1 miliar. Menurut sumber terdekat perusahaan, kini naik jadi USD 1,1 miliar. Ini berarti harga Tumblr mencapai Rp 10 triliun.

Tumblr sendiri dipimpin David Karp. Berbasis di New York, perusahaan ini didirikan pada tahun 2007 dan miliki 175 karyawan. Tercatat ada 108 juta blog yang menginduk ke Tumblr. Menurut comScore situs ini miliki 117 juta pengguna di seluruh dunia.

Lantas apa yang diincar Marissa Mayer dari Tumblr? Patut diketahui Yahoo! gagal total dalam usaha pendekatan ke Dailymotion. Musnah sudah mimpi wanita cantik ini untuk miliki situs video sebagai penjegal Youtube.

Kini mata Marissa melirik ke Tumblr. Target telah diganti sebab situs ini tak hanya mengandalkan konten utama foto dan teks. Tumblr juga miliki amunisi utama video. Tersiar kabar Yahoo! akan memodifikasi Tumblr laiknya situs berbagi video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda