Scroll to Top

Menjelajah Gunung-Gunung Meja di Venezuela

By Ilham Choirul / Published on Monday, 20 May 2013

tepui

Menjelajah pegunungan yang datar sangat sulit ditemukan di Indonesia. Namun, beda halnya kalau Anda berjalan-jalan ke Guayana Highlands yang ada di Venezuela, Amerika Selatan. Di sana terdapat Tepui, yaitu rentetan gunung datar bak sebuah meja yang menjulang tinggi. Tepui memiliki makna “Rumah Para Dewa” karena ketinggian dan keunikannya ini.

Tepui atau gunung meja ini seperti daerah terisolasi. Namun, di sana terdapat ratusan tanaman endemik dan spesies hewan. Untuk bisa sampai ke puncak harus melewati tebing curam dan sulit ke sana bila tidak mendaki. Di sekitar pegunungan dipenuhi oleh hutan lebat yang tumbuh dalam komunitas secara vertikal. Hutan ini berada di ketinggian 1.000 meter sampai 3.000 meter.

tepui

Tepui awalnya adalah sisa dari sebuah dataran tinggi batu pasir luas yang menutupi kompleks granit  bawah tanah di antara perbatasan utara Amazon Basin dan Orinoco, antara pantai Atlantik dan Rio Negro, pada periode Precambrian.Dataran tinggi ini akhirnya terkikis selama jutaan tahun dan menyisakan kumpulan Tepui yang ada saat ini.

Di puncak Tepuis seringkali terjadi hujan dengan suhu yang cukup dingin. Iklimnya hangat dan tropis lembab. Tanaman yang mampu beradaptasi di puncak akhirnya menjadi spesies yang unik di Tepuis. Saat ini tercatat ada 9.400 spesies tumbuhan yang ada di Venezuela Guayana. Sekitar 2.322 spesies tercatat hidup di Tepuis.

tepui

Di wilayah Gran Sabana terdapat 115 gunung meja. Tepui yang paling terkenal adalah Gunung Roraima. Puncaknya menjadi tujuan para backpacker. Di sana terdapat air terjun kecil, kolam kuarsa berlapis yang masih alami, dan lokasi Punto Triple yaitu titik perbatasan Venezuela, Brasil, dan Guyana. Tepui yang terkenal lainnya adalah Auyantepui. Di sana menjadi lokasi air terjun tertinggi di dunia, Angel Falls, dan mempunyai luas permukaan hingga 700 kilometer persegi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda