Scroll to Top

Smartphone Facebook Diobral Rp 9 Ribuan

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 22 May 2013

HTC First

Smartphone Facebook HTC First kini dijual hanya Rp 9 ribuan saja. Sebuah harga yang sangat murah mengingat mulanya ponsel FB ini dibanderol hingga Rp 3,5 juta. Apa sesungguhnya yang terjadi?

Facebook dan HTC pada bulan lalu sepakat merilis smartphone yang terintegrasi penuh dengan Facebook Home. HTC lewat produknya HTC First adalah ponsel pertama yang diberi kesempatan menikmati aplikasi eksklusif Android ini.

Facebook Home sendiri sejatinya bisa berjalan di tujuh ponsel lainnya. Selain HTC First dan HTC One, smartphone dari keluarga Samsung Galaxy dimungkinan menjajal aplikasi launcher tersebut. Beberapa waktu lalu Facebook mengumumkan secara resmi ketersediaannya.

Analis mengatakan jika Facebook Home dinilai gagal. Di Google Play misalnya, aplikasi ini hanya mendapat dua bintang (rating) dan sejauh ini baru diunduh sekitar 1 juta pengguna. Ini juga berlaku untuk HTC First.

AT&T sebagai mitra resmi operator HTC First telah mengobral ponsel tersebut di harga Rp 9 ribuan saja (USD 0,99). Namun AT&T mewajibkan pengguna untuk tetap gunakan paket layanan seluler dengan kontrak selama 2 tahun.

Harga HTC First sendiri di laman resmi AT&T adalah USD 350,99 atau sekitar Rp 3,5 juta. Dilego Rp 900 ribuan (USD 99,99) kemudian dengan durasi kontrak yang sama.

Penurunan itu dilinai tak wajar sebab memangkas habis harga hingga 100%. Untuk jumlah penjualan sendiri, BGR yang mengutip sumber AT&T, HTC First hanya terjual kurang dari 15.000 unit di Amerika.

Para analis secara ekstrim berani menyimpulkan jika HTC First sejatinya hanya kelinci percobaan Facebook sebelum membesut smartphone-nya yang sesungguhnya di kedepannya. Berminat membeli ponsel canggih seharga Rp 9 ribuan? Lihat info detailnya di tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda