Scroll to Top

Xbox One Tidak dapat Mainkan Game Xbox 360

By Ditya / Published on Wednesday, 22 May 2013
Xbox One
Xbox One

Microsoft telah secara resmi merilis konsol game Xbox One yang datang dengan spesifikasi yang cukup meyakinkan sekaligus membantah rumor always on. Namun, konsol game Xbox One ini kabarnya tak lagi kompatibel atau tak dapat memainkan dengan game Xbox 360 karena perbedaan arsitektur prosesor yang diusung oleh keduanya.

Raksasa perangkat lunak yang berbasis di Redmond ini mengatakan bahwa konsol game Xbox One tidak kompatibel memainkan game lawas dari Xbox 360. Meski demikian, Microsoft berjanji akan tetap mendukung Xbox 360 dengan merilis game baru dimasa depan.

“Xbox One hardware tidak kompatibel dengan game Xbox 360. Kami merancang Xbox One untuk memainkan generasi game yang sama sekali baru. Permainan yang dirancang untuk mengambil keuntungan penuh dari prosesor state-of-the-art dan kekuatan tak terbatas dari cloud.”

“Kami sangat peduli tentang investasi yang Anda buat dalam Xbox 360 dan akan terus mendukungnya dengan pipa permainan baru dan aplikasi baru di masa depan,” menurut Microsoft.

Seperti yang kita ketahui, Xbox 360 ditenagai oleh prosesor triple-core IBM Xenon dengan kecepatan 3,2GHz yang dibuat berdasarkan arsitektur prosesor IBM PowerPC. Sedangkan sektor grafis, Xbox 360 menggunakan grafis dari ATi Xenos yang berlari dengan kecepatan 500MHz.

Sedangkan konsol Xbox One memutuskan untuk menggunakan arsitektur prosesor x86 dengan memilih prosesor AMD Jaguar 8 core dan ditenagai dengan grafis dari AMD Radeon yang didesain khusus oleh AMD untuk memenuhi standar DirectX 11.1. Kedua konsol Xbox ini jelas berbeda dan sama sekali tidak kompatibel.

Seperti yang dilansir dari CNET (21/05/2013), tak hanya Xbox One yang mengalami hal ini, tapi juga Sony PlayStation 4. Konsol PlayStation 4 hanya dapat memainkan game PS 3 melalui streaming, karena tidak dapat dijalankan secara langsung di konsol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda