Scroll to Top

Sanksi UEFA Dicabut, Malaga Bisa Main di Liga Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 22 May 2013

Sanksi UEFA Dicabut, Malaga Bisa Main di Liga Eropa

Malaga mendapatkan kabar gembira yang sedikit terlambat. Setelah sebelumnya tersingkir dari perempat final Liga Champion oleh Borussia Dortmund secara menyakitkan, kubu La Rosaleda sempat menuduh ada konspirasi menyingkirkan mereka. Namun kini, UEFA mencabut sanksi untuk Malaga. Artinya, klub Syekh Al-Thani bisa tampil di Liga Eropa. Namun, kemungkinan baru bisa dilakukan pada musim berikutnya (2014-15) jika Malaga kalah di CAS.

Awalnya, klub Andalusia Timur ini sempat berang. Mereka tertimpa hukuman empat tahun tak bisa berkompetisi di Eropa gara-gara tidak ‘lolos’ kriteria keuangan yang diterapkan oleh Badan Kontrol Finansial UEFA.

Secara kebetulan, hal ini berlanjut dengan malapetaka ketika Borussia Dortmund menyingkirkan pasukan Manuel Pellegrini via dua gol di menit-menit terakhir. Sempat muncul kemarahan besar dari klub yang belakangan prestasinya menanjak ini.

Namun, kemarahan itu sepertinya bisa sirna. UEFA resmi mencabut keputusan terdahulu. Artinya, Malaga bisa bermain di kompetisi Eropa. Malaga, bersama Hajduk Split (Kroasia), Osijek (Kroasia), Dinamo Bukarest (Rumana), Partizan (Serbia), dan Vojvodina (Serbia) telah memenuhi semua kondisi yang disyaratkan oleh Badan Kontrol Finansial UEFA.

Namun, dalam laporan AS, rencana Malaga ini tidak semulus yang dibayangkan. Karena, Malaga saat ini berjuang di CAS agar bisa tampil musim depan. Andai menang, mereka benar-benar bisa tampil pada musim 2013-14. Namun, andai gagal, maka mereka mesti menunggu hingga dua musim. Artinya, musim 2014-15 menjadi langkah awal Malaga kembali ke Eropa, jika duduk di peringkat 1-6 klasemen akhir La Liga musim 2013-14.

Direktur Malaga, Paco Martin Aguilar tak menutupi rasa kegembiraannya. Menurutnya, “Ini adalah berita besar bagi kami dan memberikan peningkatan moral bagi kami.”

Saat ini, Malaga sendiri berada di peringkat enam klasemen sementara Liga Spanyol. Artinya, mereka akan tampil di Europa League musim depan. Meskipun, dari posisi, kemungkinan besar akan memulai di babak play-off. Kubu La Rosaleda mengumpulkan 54 poin dari 36 pertandingan. Sevilla yang berada di peringkat sembilan mendapatkan 47 angka dan tidak mungkin mengejar poin Malaga dalam dua laga terakhir. Maka, dimulailah detik-detik yang semakin menegangkan sebelum keputusan CAS pada 4 Juni mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda