Scroll to Top

SMS Diprediksi Bakal Musnah 5 Tahun Lagi

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 23 May 2013

SMS

SMS diramalkan akan senasib dengan fax. Jumlah penggunaannya kian berukurang dan berangsur-angsur alami kepunahan. Lima tahun lagi, SMS diprediksi bakal musnah. Demikian ujar Erik Meijer, Director and Chief Commercial Officer Indosat.

Gencarnya penetrasi aplikasi pesan instan di pelbagai perangkat selular ditengarai sebagai penyebab utama rendahnya minat ber-SMS. Akan tetapi untuk pengaruhnya sendiri tidak terlalu tinggi di tanah air.

Ini disebabkan jika penyebaran ponsel pintar belum merata. Mayoritas penduduk Indonesia, jelas Erik, masih gunakan feature phone. Inilah yang jadi potensi bagi SMS untuk tetap bisa bernafas lima tahun ke depan.

Pengguna SMS sendiri masih cukup banyak. Sedangkan pertumbuhan pengguna Instant Message (IM) juga semakin pesat. Menurut suami Maudy Koesnaedi ini keduanya saat ini masih sama-sama tumbuh. Trafik SMS, kata Erik, belum turun. Namun trafik ini berangsur-angsur secara perlahan akan digusur oleh trafik data.

Ia mengandaikan posisi SMS hampir sama dengan fax. Dulu perangkat ini sangat populer dalam aktivitas berkirim dokumen. Dengan munculnya email, Fax dan telex sudah jarang dijumpai. Lantas apa strategi Indosat sendiri?

Mensiasati tren itu, salah satu operator lokal tanah air ini akan tingkatkan kualitas dan teknologi jaringan. Bahkan Indosat sudah miliki niatan untuk beralih ke 4G LTE. Selain itu untuk mengantisipasi pergesaran tren, Indosat juga menjajaki kerjasama dengan beberapa aplikasi pesan instan populer.

IM populer, tutup Erik, kini sedang dilakukan proses penjajakan. BlackBerry, WhatsApp, dan beberapa IM lain akan digandeng Indosat untuk mensiasati perubahan tren yang ada. Demikian seperti ditulis Viva News yang dikutip Kamis (23/05/13).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda