Scroll to Top

Qualcomm Mirasol: Layar Masa Depan Super Tajam, Hingga 577dpi

By Ditya / Published on Thursday, 23 May 2013
Qualcomm_Mirasol
Qualcomm Mirasol

Qualcomm, pembesut chipset kondang Snapdragon ini memamerkan layar smartphone masa depan super tajam yang memiliki kepadatan sangat tinggi, yakni hingga 577dpi (dots per inch) yang mengusung nama Mirasol. Bandingkan dengan kepadatan layar smartphone saat ini yang hanya mencapai sekitar 440 ppi (pixel per inch).

Layar Qualcomm Mirasol ini berukuran 5,1 inci dengan resolusi yang nyaris mendekati Retina Display di Apple MacBook Pro, yakni 2560 x 1440 piksel dengan kepadatan layar mencapai 577 piksel per inci. Bandingkan dengan layar MacBook Pro Retina Display yang mencapai 2880 x 1440 piksel.

Bagaimana dengan smartphone saat ini? Smartphone flagship saat ini, seperti Samsung Galaxy S4, LG Optimus G Pro, HTC One, Sony Xperia Z, dan Oppo Find 5 hanya dibekali layar dengan resolusi full HD atau 1920 x 1080 piksel dengan kepadatan layar mencapai 440 piksel per inci.

Teknologi layar Qualcomm Mirasol ini agak berbeda dengan LCD atau OLED (Organic Light Emiting Diode) yang ada saat ini, tetapi mirip dengan teknologi e-ink tapi cukup colourfull. Teknologi Qualcomm Mirasol ini diklaim enam kali lebih hemat daya dibandingkan dengan teknologi layar yang ada saat ini.

Selain itu, cara kerja layar Qualcomm Mirasol ini juga berbeda dengan layar LCD atau OLED yang ada saat ini dan diklaim tidak membuat mata cepat lelah, tetapi tetap menghasilkan gambar yang tajam dan penuh warna.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena (22/05/2013), sayangnya Qualcomm dikabarkan masih memerlukan waktu beberapa tahun lagi untuk memproduksi massal layar Qualcomm Mirasol ini. Meski demikian, pembesut chipset Snapdragon ini juga telah memamerkan prototope smartphone dan jam tangan yang menggunakan teknologi layar Qualcomm Mirasol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda