Scroll to Top

KPK Tunjuk Dua Penasehat Baru

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 24 May 2013

KPK Tunjuk Dua Penasehat Baru

KPK (Komisi Pembentukan Korupsi) telah resmi menunjuk Mohammad Mu’tashim Bilah dan Suwarsono sebagai penasihat baru. Keduanya menggantikan dua penasihat sebelumnya, Abdullah Hehamahua dan Said Zainal Abiddin. Kedua tokoh tersebut mengalahkan 6 kandidat lain. Awalnya, calon penasehat KPK didominasi oleh kalangan birokrat.

Mohammad Mu’tashim Billah, berusia 67 tahun, seperti yang dirilis Kompas, berasal dari kalangan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dengan latar belakang S3 Program Doktor Sosiologi UI (Universitas Indonesia). Sementara Suwarsono, 55 tahun adalah akademisi jebolan University of Hawaii, Honolulu, USA.

“Berdasarkan berbagai pertimbangan, pimpinan tetapkan nama-nama ini sebagai penasihat,” sebut Anis Said Basalamah, Sekretaris Jenderal KPK.

Kedua penasehat baru KPK ini akan dilantik per 27 Mei 2013 mendatang. Sebenarnya, awalnya panitia seleksi berharap ada empat penasehat baru. Namun, akhirnya cuma dua yang dipilih. Menurut Anis, ‘mungkin yang lain tidak memenuhi kriteria’.

Mohammad Mu’tashim Billah dan Suwarsono, sebelumnya harus melewati proses penyaringan. Dari 18 kandidat, kemudian terpilih 8 orang, sebelum akhirnya keduanya terpilih. Sebelumnya, delapan besar kandidat penasehat KPK didominasi oleh kalangan birokrat. Anis Said Basalamah menambahkan, “sebelum wawancara dengan delapan kandidat yang diusulkan panitia seleksi, pimpinan memperhatikan masukan masyarakat seputar latar belakang para kandidat.”

Bukan berarti, dengan jabatan penasihat KPK, kedua tokoh di atas akan ‘bebas’. Andai melanggar kode etik, penasehat tetap diproses sebagaimana pegawai KPK lain. Artinya, bisa jadi jika ada pelanggaran, keduanya akan diganti di tengah jalan.

Fungsi penasehat KPK sendiri, adalah mengawasi arah kebijakan pimpinan.

Foto: KOMPAS.com/ICHA RASTIKA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda