Scroll to Top

Florent Malouda: Pahlawan Chelsea Yang Terlupakan

By Wan Faizal / Published on Saturday, 25 May 2013

Drogba-Malouda

Tak ada yang meragukan skill yang dimiliki Florent Malouda. Setahun lalu, Malouda ikut membantu Chelsea meraih gelar Liga Champions yang sudah lama diidamkan oleh Roman Abramovich. Namun kini, nasib Malouda berubah 180 derajat. Di manakah sekarang Malouda?

Pemain asal Prancis itu masih berstatus pemain Chelsea meski fans sama sekali tidak melihat aksinya berseragam The Blues di musim 2012-2013 kemarin. Malouda tidak cedera parah. Tapi, ia hanya “turun kasta” dari pemain tim senior yang selama musim kemarin bermain bagi tim cadangan.

Permasalahannya dimulai awal musim lalu saat pemain berusia 32 tahun itu mengkritik metode kepelatihan yang diusung Roberto Di Matteo, manajer Chelsea saat itu. Malouda pun tak mau meminta maaf pada manajer yang akhirnya dipecat dan digantikan oleh Rafael Benitez tersebut.

Pihak klub lantas geram dengan tingkah Malouda itu dan mencari klub yang mau membelinya. Parahnya, disaat deal sudah hampir tercapai dengan salah satu klub, Malouda malah pergi berlibur dan memutuskan bertahan di Chelsea untuk setahun lagi.  Alhasil, namanya pun kini turun kasta dan tak ada lagi di dalam skuad Chelsea.

Ironis memang. Disaat rekan-rekannya saat ini sedang asyik menjalani tur akhir musim di Amerika Serikat guna melakoni dua laga persahabatan dengan Manchester City, Malouda malah seperti terisolasi di Cobham, markas latihan Chelsea.

Sisi positifnya, selama berada di tim junior, Malouda tetap bersikap profesional. Ia memberi banyak wejangan dan pelajaran pada juniornya di Chelsea. Nathan Ake, George Saville, dan Todd Kane adalah beberapa anak muda yang beruntung mendapat pengalaman dari Malouda. Ake bahkan kini sudah sukses menembus skuad utama di bawah arahan Rafa.

Bagi Malouda, ia kini sedang menatap langkah baru dalam kariernya setelah pihak klub akan melepasnya pada 30 Juni nanti ketika kontraknya di Chelsea sudah usai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda