bayu gatra persisam

Bayu Gatra ternyata sudah memimpikan menjadi pemain Timnas Indonesia sedari kecil. Gelandang belia milik Persisam Samarinda ini pun berharap turut dipanggil pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan (RD), untuk mengikuti seleksi di pelatnas. Bayu Gatra menyatakan siap jika Timnas Indonesia membutuhkan tenaganya.

“Sudah pasti siap, karena sejak kecil saya ingin jadi pemain Timnas Indonesia,” tandas Bayu Gatra belum lama ini.

Namun, hingga kini, Bayu Gatra mengaku belum mendapat panggilan dari BTN untuk bergabung ke pelatnas Timnas Indonesia U-23 asuhan coach RD. Gelandang serang berusia 21 tahun ini menegaskan tetap akan setia menunggu panggilan ibu pertiwi karena menjadi pemain Timnas Indonesia adalah impiannya.

“Sampai saat ini belum ada panggilan, mungkin bila sudah ada, saya akan diberitahu oleh manajemen Persisam,” kata Bayu Gatra.

Bayu Gatra memang termasuk salah satu pemain muda yang paling menonjol di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013. Tak jarang, pemain kelahiran Jember, Jawa Timur, yang merupakan didikan asli Persisam ini membuat gol-gol penting bagi timnya. Istimewanya, ISL musim ini adalah kali pertama Bayu Gatra masuk ke tim senior Persisam.

Aksi memukau yang ditunjukkan Bayu Gatra bersama tim Pesut Mahakam tak pelak membuat jajaran pelatih Timnas Indonesia senior yang kala itu juga dibesut oleh Rahmad Darmawan dan didampingi oleh Jacksen F. Tiago tertarik memanggilnya untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia sebelum menghadapi Arab Saudi di ajang Pra Piala Asia 2015 pada 23 Maret 2013 silam.

Meskipun pada akhirnya nama Bayu Gatra tersisih dari skuat Timnas Indonesia senior dan tidak ikut memperkuat tim Garuda melawan Arab Saudi, namun asa pemain bertinggi 160 centimeter ini tidak lantas meredup. Usianya masih sangat muda dan jalan menuju ke Timnas Indonesia pasti selalu terbuka.

Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan RD memang sedang merencanakan pelatnas untuk menyaring para pemain Garuda Muda yang akan diterjunkan ke SEA Games 2013 di Myanmar akhir tahun nanti.

Nama Bayu Gatra pastinya sudah masuk ke radar Rahmad Darmawan untuk dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 mengingat penampilan apiknya bersama Persisam. Bayu Gatra memang harus bersaing dengan deretan pemain muda top nasional lainnya, seperti Andik Vermansyah, Diego Michiels, Egi Melgiansyah, Ramdani Lestaluhu, Rasyid Bakri, Okto Maniani, Hendra Bayauw, dan lain-lain.