Scroll to Top

Microsoft dan Google Buat Aplikasi YouTube untuk Windows Phone

By Ditya / Published on Sunday, 26 May 2013
YouTube WP 8
YouTube di Windows Phone 8

Konflik antara dua raksasa teknologi, yakni Google dan Microsoft mengenai aplikasi video streaming YouTube untuk Windows Phone akhirnya menemui kesepakatan. Microsoft dan Google memutuskan untuk bekerja sama untuk mengembangkan aplikasi YouTube untuk Windows Phone.

Seperti yang kita ketahui, platform Windows Phone memang tak mendapat jatah aplikasi resmi YouTube dari Google dan memblokir akses API (Application Programming Interface) dari Microsoft. Hal ini membuat Microsoft tergerak untuk mengembangkan aplikasi YouTube sendiri dan diluncurkan di Windows Store.

Meluncurnya aplikasi YouTube buatan Microsoft di Windows Phone ini mendapat protes dari Google melalui surat yang intinya menyuruh Microsoft untuk menarik atau merombak aplikasi YouTube besutannya hingga tanggal 22 Mei 2013.

Protes ini dilakukan Google karena aplikasi YouTube buatan Microsoft ini memiliki kemampuan untuk men-download video dan memblokir iklan yang tampil. Tanggal 22 Mei, Microsoft melakukan update aplikasi Windows Phone dan memblokir kemampuan download aplikasi tersebut sesuai keinginan Google.

Namun, akhirnya Microsoft dan Google selaku pemilik YouTube ini memutuskan untuk bekerja sama menghadirkan aplikasi YouTube untuk platform Windows Phone. Keputusan ini juga menandai konflik yang terjadi terkait kehadiran aplikasi YouTube di Windows Phone.

“Microsoft dan YouTube bekerja sama untuk memperbarui YouTube untuk aplikasi Windows Phone yang memungkinkan sesuai dengan persyaratan API layanan YouTube, termasuk memungkinkan tampilnya iklan dalam beberapa minggu mendatang.”

“Microsoft akan menggantikan aplikasi YouTube yang ada di Windows Phone Store dengan versi sebelumnya untuk sementara ini,” pernyataan Microsoft, seperti yang dilansir dari Phone Arena (25/05/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda