Scroll to Top

Gejala Seseorang Alami Penuaan Dini

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 10 Sep 2011

Bagi wanita, menjadi tua seperti sebuah “aib”, meskipun setiap orang pasti mengalaminya. Banyak yang lantas memakai ramuan anti-aging atau penunda penuaan agar wajah terlihat lebih muda. Yang ekstrim, mereka melakukan bedah plastik untuk menghilangkan tanda tua.

Penuaan tidak berhenti pada usia lanjut semata. Proses ini ternyata dapat dialami pula oleh orang berusia 20-an atau 30-an. Kejadian ini sering disebut penuaan dini. Banyak faktor yang menyebabkan tanda penuaan dini muncul. Seperti pola hidup tidak sehat, sering terpapar sinar matahari, polusi, dan sebagainya. Bisa pula, cepat lambatnya penuaan disebabkan faktor genetika dan ras.

Dikutip dari YahooNews, tanda-tanda usia muda yang mengalami penuaan dini adalah:

  • Pori-pori lebar

Penyebab pori-pori lebar adalah penumpukan kulit mati. Wajarnya, pori-pori lebar dialami orang sesuai bertambahnya usia menjadi tua. Untuk mencegahnya, perlu melakukan perawatan kulit terutama untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

  • Keriput

Keriput menampakkan kesan seseorang sudah tua. Penyebabnya bisa dari paparan sinar matahari atau pun rokok. Radikal bebas yang ada di rokok, misalnya, mempu merusak DNA kulit hingga menembus membran sel. Elastisitas kulit juga akan berkurang dengan habisnya kolagen dan eslastin. Kedua protein tersebut yang membuat kulit tampak indah dan sehat.

  • Noda kehitaman

Noda hitam, atau age spot, akan dialami orang yang terlalu sering kena sinar matahari. Umumnya, age spot dialami orang berusia 40 tahun. Namun, kalau kerap terpapar sinar matahari, usia muda pun bisa mengalaminya.

  • Kulit kasar

Sinar matahari lagi-lagi menjadi penyebab munculnya tanda penuaan dini. Radiasi sinarnya mampu merusak kolagen dan elastin yang membuat kulit terasa kasar dan kering. Elastisitas kulitdiatur oleh kolagen. Sedangkan, kekencangannya, memerlukan peran elastin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda