Scroll to Top

Sir Alex Ferguson Memakai 12 Pemain Ini di Laga Pertamanya Sebagai Manajer MU

By Wan Faizal / Published on Thursday, 30 May 2013

Fergie 1986

Tanggal 8 November 1986 tentu tak akan pernah dilupakan oleh Manchester United dan Sir Alex Ferguson. Karena pada saat itu lah Fergie memulai debutnya sebagai manajer MU. Kala itu, pasukan Fergie harus bertandang ke markas Oxford United. Dalam laga pertamanya itu, Fergie tercatat hanya memakai 12 pemain dalam 90 menit pertandingan.

Graeme Hogg, Paul McGrath, dan Mike Duxbury adalah tiga dari 12 pemain yang dimainkan Fergie dalam laga yang berkesudahan 2-0 untuk kemenangan Oxford kala itu.

Well, siapa saja 12 pemain yang turut bermain di Stadion Manor Ground saat itu?

  • Chris Turner

Kiper yang bergabung dengan The Red Devils pada 1985 setelah memainkan 200 pertandingan lebih bersama Sunderland. Turner akhirnya kembali ke klub masa kecilnya, Sheffield Wednesday, sebelum berkarier di jajaran manajemen Hartlepool dan Wednesday.

  • Mike Duxbury

Salah satu pemain yang loyal di kubu United saat itu. Memainkan 300 pertandingan lebih dalam rentang 1979-1990 bersama United dan memenangi FA Cup 1983 dan 1985. Di akhir kariernya, Duxbury bermain bagi klub seperti Blackburn Rovers dan Bradfod. Ia kini bekerja untuk United’s Community Programme di Asia.

Arthur Albiston
Arthur Albiston (kanan)
  • Arthur Albiston

Seorang bek kiri yang cukup loyal di United dengan catatan hampir 500 pertandingan atas namanya. Pemain asal Skotlandia itu memenangkan tiga trofi FA Cup bersama United sebelum bekerja di staf kepelatihan United dan menjadi komentator di MUTV.

  • Kevin Moran

Ia menjadi andalan di lini belakang tim selama 10 tahun sejak 1978 dan bermain lebih dari 150 laga. Moran kini mendirikan sebuah Football Agency bersama dua rekannya, Jesper Olsen dan Paul Stretford.

  • Paul McGrath

Dianggap sebagai salah satu bek tertangguh di sepakbola Inggris kala itu. Sayangnya, ia juga punya sisi minus karena suka mengkonsumsi alkohol.

Paul McGrath
Paul McGrath
  • Graeme Hogg

Bermain lebih dari 100 pertandingan selama empat musim bagi United sebelum dijual ke Portsmouth pada 1988. Cerita buruk tentang dirinya terjadi saat membela Hearts di awal 1990-an saat rekan setimnya, Craig Levein, mematahkan hidungnya.

  • Clayton Blackmore

Pemain andalan Fergie sebelum bergabung ke Middlesbrough pada 1994. Dikenal sebagai pemain yang serba bisa dan memenangkan FA Cup serta Winners Cup di Old Trafford. Blackmore kini menjabat sebagai manajer tim U-15 United.

  • Remi Moses

Dibeli United dari West Bromwich pada 1981 dengan harga 500.000 pounds. Dianggap sebagai pemain bermasa depan cerah, karier Moses malah hancur akibat cedera parah yang menimpanya. Pemain kulit hitam pertama yang pernah mencetak gol bagi United ini akhirnya gantung sepatu pada 1989 karena cedera.

Team sheet MU 1986
Team sheet pertama MU di era Fergie
  • Frank Stapleton

Sebelum 1981, Stapleton adalah pemain andalan Arsenal dengan raihan lebih dari 300 pertandingan. Ia lantas pindah ke Old Trafford dan memainkan 365 pertandingan disana.

  • Peter Davenport

Merupakan pemain yang baru saja ditransfer pada saat itu. Davenport mendapati kariernya di United tak berjalan mulus hingga akhirnya ia hanya menjadi penggembira di tim-tim divisi bawah Inggris dan Skotlandia.

  • Peter Barnes

Barnes hanya bermain 20 kali dalam era Fergie. Ia kemudian dilepas ke Manchester City. Disana, Barnes bermain bagus dan 22 kali bagi Timnas Inggris.

  • Jesper Olsen

Satu-satunya pemain pengganti di pertandingan lawan Oxford. Olsen bermain lebih dari 100 pertandingan setelah ditransfer dari Ajax Amsterdam pada 1984. Selepas dari Old Trafford, Olsen mengalami penurunan performa dan hanya bermain di Liga Prancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda